SOLOPOS.COM - (detik)

(detik)

STOCKHOLM–Salah satu momok menakutkan ketika berkendara di jalanan adalah mengalami tabrakan. Meski tengah dililit masalah, Volvo tetap berupaya membuat mobil yang bisa menghindari tabrakan.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Volvo seperti dilansir Stuff.co.nz dan diberitakan detikOto, Rabu (5/12/2012) memproklamirkan diri kalau di 2020 mereka bakal sanggup memproduksi mobil anti tabrakan ini. Mobil anti tabrakan itu tidak lain adalah mobil yang bisa melaju sendiri tanpa pengemudi (autonomous vehicle).

Volvo merupakan salah satu dari sekian banyak pabrikan mobil yang mengucurkan dana dalam jumlah besar untuk mengembangkan autonomous vehicle.

“Visi kami adalah tidak ada satu orang pun yang meninggal atau cedera di mobil Volvo di 2020,” ujar Kepala Urusan Pemerintah Volvo Anders Eugensson.

Jalan menuju mobil tanpa pengemudi manusia sebenarnya sudah dimulai. Di 2014 nanti Volvo akan meluncurkan armada pertama mobil tanpa pengemudinya yang bisa melaju sampai kecepatan 50 km per jam.

“Kami yakin kalau ini lah masa depan, dan kami ingin yang sampai di sana untuk pertama kali,” timpal Kepala Pengembangan Teknologi Pengemudi Volvo Marcus Rothoff.

Teknologi yang dipakai di mobil tanpa pengemudi ini hampir mirip dengan yang dikembangkan oleh GM dan Google. Sensor-sensor, kamera, dan laser akan memantau kondisi jalanan.

Namun bukan berarti, mobil-mobil seperti ini tidak bakal mengalami tantangan di masa depan. Daily Mail menulis, justru bukan teknologi yang menjadi tantangan berat bagi mobil ini tetapi apakah mobil mampu diterima oleh publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya