SOLOPOS.COM - Ilustrasi tumpukan sampah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo memprediksi adanya kenaikan volume sampah harian selama libur Lebaran 2022. DLH pun sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi agar tidak terjadi penumpukan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Solo, Arthaty Mulatsih, mengatakan memang ada kenaikan volume sampah harian selama Ramadan. Namun jumlahnya tidak signifikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan kenaikan volume sampah harian justru akan tampak saat Lebaran. “Kalau secara prinsip selama Ramadan ini enggak [naik] signifikan. Ada, tapi tidak signifikan. Yang perlu diantisipasi malah Lebaran ini,” jelasnya saat diwawancara Solopos, Jumat (29/4/2022).

Kenaikan volume sampah selama Ramadan timbul akibat kegiatan-kegiatan jual-beli di jalanan. Misalnya pasar takjil atau bazar makanan saat Ramadan. Sementara kenaikan volume sampah Solo selama Lebaran berasal dari rumah tangga.

Sementara dari timbulan sampah rumah tangga cenderung lebih kecil. “Kalau Ramadan enggak [signifikan]. Kalau sore di pasar takjil misal masih menjadi PR di tempat saya,” katanya.

Baca Juga: Volume Sampah Solo Saat Bulan Puasa Lebih Tinggi Ketimbang Hari Biasa

Arthaty mengatakan saat Ramadan, rata-rata timbulan volume sampah harian di Kota Solo yang masuk TPA Putri Cempo berada di kisaran 300 ton per hari. Hal itu menurutnya hampir sama dengan rata-rata volume sampah hari-hari biasa.

Kenaikan volume harian sampah tersebut tak lepas dari banyaknya perantau yang mudik ke Solo saat Lebaran 2022 setelah dua kali Lebaran pemerintah melarang mudik. Volume sampah, khususnya dari rumah tangga dipastikan akan meningkat.

Atur Jadwal Petugas Kebersihan

Kebiasaan membeli makanan melimpah juga menjadi salah satu faktor pendorong meningkatnya volume sampah hari. Apa lagi produksi makanan di rumah tangga juga tentu naik mengingat adanya tradisi silaturahmi di tengah masyarakat.

Baca Juga: Perda Pengelolaan Sampah Solo 9 Tahun Mandul Gara-Gara Salah Ketik

Karenanya, DLH mengimbau kelurahan-kelurahan agar tetap mengadakan jadwal petugas pengambilan sampah saat llibur Idulfitri, khususnya untuk Selasa-Rabu (2-3/5/2022).

“Kami, DLH mengimbau agar pengelolaan sampah di kelurahan jangan sampai ada yang libur. Teman-teman wilayah untuk tetap bertugas pada 2-3 Mei 2022. Karena pasti ada peningkatan volume sampah. Diatur jadwalnya, agar tetap bisa silaturahmi,” katanya mengenai antisipasi kenaikan volume sampah di Solos selama Lebaran.

Selain itu, DLH Solo juga mengimbau masyarakat agar mengelola pembuangan sampah rumah tangganya dengan baik. Minimal merapikan pembuangan sampah dengan dibungkus dengan rapi.

Baca Juga: Atasi Masalah Sampah dengan Papi Sarimah

Hal itu agar pengangkutan sampah oleh petugas lebih mudah dan bisa menjangkau wilayah yang lebih luas. “Kalau boleh berpesan masyarakat mohon sampahnya bisa dikemas baik. Sehingga mempermudah petugas biar jangkauannya lebih luas dan pengangkutan sampah lebih banyak,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya