SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota Volkswagen Club Sukoharjo (Vocus) berkumpul di sekretariat Vocus di Jl Solo-Wonogiri km 9, Bulakrejo, Sukoharjo. (Foto: A Mufid A/JIBI/SOLOPOS)

Sejumlah anggota Volkswagen Club Sukoharjo (Vocus) berkumpul di sekretariat Vocus di Jl Solo-Wonogiri km 9, Bulakrejo, Sukoharjo. (Foto: A Mufid A/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO–Komunitas otomotif menjadi tempat favorit bagi anggota untuk silaturahmi dan saling bertukar informasi terkait kendaraan yang dimiliki. Hal itu juga dilakukan penggemar mobil Volkswagen (VW) Sukoharjo yang tergabung dalam Volkswagen Club Sukoharjo (Vocus).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vocus berdiri tahun 2004 lalu dengan anggota berjumlah 10 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah dideklarasikan, anggota Vocus justru vakum berkegiatan. “Kami akui sejak dideklarasikan tahun 2004 lalu, kegiatan kami justru berhenti, karena berbagai kesibukan para pendirinya,” ujar penasihat Vocus, Fauslan Sulur saat ditemui Espos di Sekretariat Vocus di RM Mbah Karto, Jl Solo-Wonogiri Km 9, Bulakrejo, Sukoharjo.

Sulur menjelaskan setelah vakum sekitar lima tahun, pada 2009 terbentuk kepengurusan baru yang didominasi generasi muda. Dengan banyaknya bibit-bibit pemuda diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam kegiatan sosial di Kota Makmur dan sekitarnya.

Sementara, Ketua Vocus, Sigit Sartoto, mengatakan Vocus menjadi organisasi terbuka bagi para penggemar mobil VW. Pihaknya memberikan kebebasan para anggota dan calon anggota yang akan bergabung. Fokus kegiatan, jelas Sigit, yakni bekerja sama dengan sejumlah instansi dan lembaga, seperti Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo dalam sosialisasi bahaya Narkoba dan safari Ramadan di sejumlah tempat di Sukoharjo.

“Kami juga membantu warga di lereng Merapi saat terjadi erupsi tahun 2010 lalu dan menyantuni anak yatim di Sukoharjo,” ujar Sigit.

Sebagai upaya eksistensi organisasi, Vocus juga menggelar pertemuan sebulan sekali dalam bentuk arisan, serta family touring ke sejumlah objek wisata di wilayah Soloraya, serta Yogyakarta.

Touring kami lakukan tiap tiga bulan sekali. Kami selalu mengajak seluruh keluarga anggota turut dalam touring itu,” tambahnya.

Hingga saat ini jumlah anggota Vocus, menurut Sigit, sekitar 45 orang dari Sukoharjo, Wonogiri dan Solo. “Bagi masyarakat Sukoharjo penggemar VW bisa bergabung dengan menghubungi Sekretaris Vocus, Eri Wahyu 0817248000. Kami ingin komunitas Vocus ini bisa memberikan kontribusi bagi Sukoharjo,” pungkas dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya