SOLOPOS.COM - Momen Presiden Jokowi dan Presiden Erdogan di Turki dalam vlog yang diunggah di akun Presiden Joko Widodo, Jumat (7/7/2017). (Youtube)

Vlog Presiden Jokowi menunjukkan kedekatan dengan Presiden Turki Recep Erdogan. Menurutnya, banyak pengagum Erdogan di Indonesia.

Solopos.com, SOLO — Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Turki menjadi momen terbaru untuk membuat vlog dan video wefie dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Meski ini bukan kali pertama Jokowi membuat vlog dengan pemimpin dunia yang ditemuinya, ada penekanan yang terasa berbeda di video kali ini.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Dalam vlog berjudul Jumpa Kembali dengan Presiden Erdogan yang diunggah di akun Youtube Presiden Joko Widodo, Jokowi memperlihatkan kedekatannya dengan Erdogan. Sejumlah momen berupa foto dan potongan video kebersamaan saat Jokowi disambut Erdogan ditampilkan di vlog ini. Termasuk saat mereka mengobrol sambil berjalan, bahkan Jokowi sempat menepuk bahu Erdogan.

Kedekatan ini juga diungkapkan Jokowi secara eksplisit melalui pernyataannya di vlog ini. Dia mengungkapkan dirinya punya hubungan personal dengan pemimpin Turki itu. Dia pun menyebut Erdogan punya banyak pengagum di Indonesia.

“Saya tahu bahwa beliau banyak pengagum di Indonesia. Oleh sebab itu di setiap konferensi internasional saya dengan beliau selalu berdiskusi dan kita berdua ini sangat dekat sekali. Sangat dekat sekali,” kata Jokowi.

Jokowi menyatakan sangat senang dengan Erdogan. Dia pun memberikan contoh kedekatan itu, misalnya komunikasi via telepon yang dilakukannya dengan Erdogan saat muncul masalah-masalah internasional.

“Ya, saya sangat senang sekali dengan Presiden Erdogan. Kami memiliki hubungan yang sangat personal, sehingga setiap masalah-masalah yang ada, baik di Timur Tengah maupun di dunia selalu saya telepon dengan Presiden Erdogan. Yang mulia sangat peduli sekali terhadap perdamaian terhadap kesejahteraan umat,” kata Presiden Jokowi diikuti senyum keduanya.

Sebelum berbicara di vlog ini, Jokowi memberikan kesempatan kepada Erdogan untuk berbicara. Erdogan menyampaikan salam hangat warga Turki untuk warga Indonesia.

“Khususnya saat ini saya bersama saudaraku Pak Widodo mengirimkan salam dari lubuk hati terdalam dari warga Turki kepada warga Indonesia. Kami orang Turki sangat mencintai warga Indonesia. Dan saya percaya bahwa solidaritas antara Turki-Indonesia ke depannya akan menjadi teladan atau contoh bagi dunia,” kata Erdogan dalam bahasa Turki.

“Saya sangat mencintai pemuda Indonesia yang menyatu dengan rakyat. Persatuan, kebersamaan, dan solidaritas masyarakat Indonesia juga merupakan persatuan, kebersamaan, dan solidaritas bagi masyarakat Turki. Salam hangat dari masyarakat Turki,” kata Erdogan menutup vlog itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya