Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

 Ilustrasi virus corona. (Dok Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO-Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang, jika dibandingkan dengan varian sebelumnya seperti Beta dan Delta. Hal ini sesuai sebuah studi pendahuluan yang diterbitkan pada Kamis (2/12’/2021).

Berdasarkan analisis statistik dari sekitar 2,8 juta sampel virus corona varian Omicron di Afrika Selatan, 35.670 di antaranya diduga mengalami infeksi ulang. Hal ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa mutasibaru ini memiliki kemampuan substansial untuk menghindari kekebalan dari infeksi sebelumnya.

Para ilmuwan mengatakan infeksi ulang Omicron memberikan penjelasan parsial tentang bagaimana varian baru telah menyebar. Mereka menemukan, peningkatan risiko terinfeksi ulang adalah konsisten sementara dengan munculnya varian Omicron di Afrika Selatan. Demikian dilansir dari Washington Post, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Siap-Siap! 7 Serial Netflix Ini Tayang Desember

Makalah tim kini telah diunggah ke server pracetak dan belum ditinjau oleh rekan sejawat.  Sementara itu, pertanyaan mengenai tingkat perlindungan yang diberikan vaksin terhadap varian baru tetap belum terjawab karena para ilmuwan tidak memiliki akses ke data vaksin. Tetapi, seorang ahli epidemiologi yang berbasis di Afrika Selatan dan salah satu penulis studi tersebut Juliet Pulliam mengatakan bahwa vaksin kemungkinan masih menawarkan perlindungan paling efektif terhadap penyakit parah dan kematian.

Melalui akun Twitternya, Juliet menuliskan penting untuk mengetahui bahwa Omicron dapat menyebabkan lebih banyak infeksi ulang.  Kekebalan yang diperoleh dari infeksi sebelumnya telah menjadi kunci dalam membantu negara-negara seperti Afrika Selatan dan Botswana mengelola pandemi, mengingat tingkat vaksinasi di negara ini masih relatif rendah.

“Prioritas kami yang paling mendesak saat ini adalah untuk mengukur sejauh mana kekebalan Omicron lolos dari kekebalan alami dan yang didapatkan dari vaksin, serta transmisibilitasnya relatif terhadap varian lain dan dampaknya pada tingkat keparahan penyakit,” kata Harry Moultrie, seorang ahli penyakit menular yang ikut terlibat dalam penelitian tersebut, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Spin Off We Bare Bears, We Baby Bears Siap Tayang Januari 2022

Varian lain juga telah diketahui menyebabkan infeksi ulang. Beberapa pasien yang terinfeksi ulang dengan varian Beta diidentifikasi di Israel awal tahun ini. Tetapi studi terbaru menunjukkan risiko relatif terinfeksi lagi tetap stabil pada varian lain, menggarisbawahi pentingnya temuan pada Omicron. Dalam pernyataannya, Kamis (2/12/2021) Juliet mengatakan bahwa ini berlawanan dengan ekspektasi dan pengalaman mereka dengan varian sebelumnya. “Kami sekarang mengalami peningkatan risiko infeksi ulang yang melebihi pengalaman kami sebelumnya,” ungkapnya.

Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan mengatakan pada hari Rabu (1/12) bahwa Omicron mengambil alih varian virus lain pada bulan November, terhitung 74 persen dari genom yang diurutkan bulan lalu.

Sebelumnya, Delta dominan di wilayah tersebut. Jumlah kasus secara keseluruhan juga meningkat pesat selama tiga hari terakhir. Dan mungkin, Omicron adalah varian dengan penyebaran tercepat yang pernah ada di Afrika Selatan, menurut seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas Stellenbosch Afrika Selatan, Tulio de Oliveira. Saat ini, populasi Afrika yang telah divaksinasi lengkap baru mencapai 6 persen. Di Afrika Selatan, orang yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap masih di bawah 30 persen menurut Our World in Data.

 

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Pertimbangkan Ini Sebelum Memutuskan Bercerai atau Bertahan

Sebelum memutuskan apakah hendak bercerai atau bertahan, ada sejumlah poin yang harus Anda pertimbangkan baik-baik.

Ruam di Kulit Efek Samping Vaksin Booster Setelah Sepekan Disuntik

Salah satu efek samping yang muncul sepekan atau lebih setelah mendapatkan suntikan adalah ruam.

Paspor Jepang dan Singapura Masih Terkuat di Seluruh Dunia

Jepang dan Singapura masih menjadi paspor paling kuat dengan akses bebas visa ke 192 negara di seluruh dunia.

Unik! Pria Ini Pamer Modifikasi Sepeda-Motor Sport, Ini Penampakannya

Seorang pria memamerkan sepeda yang dimodifikasi dengan motor sport sehingga terlihat unik.

Heboh Makam Upin dan Ipin, Label Produksi Beri Klarifikasi

Setelah digegerkan makam bertuliskan Upin dan Ipin, label produksi serial tersebut memberikan klarifikasi soal isu kartun diadaptasi dari cerita nyara seseorang.

Mengenal Layanan PCR O+ yang Mampu Deteksi Probable Omicron

Ada tiga hasil yang didapat dari PCR O+ yakni positif probable Omicron, positif non Omicron atau negatif.

Berapa Usia Ideal untuk Membekukan Sel Telur Seperti Luna Maya?

Berapakah usia yang ideal untuk membekukan sel telur agar memperbesar peluang kehamilan di masa depan?

Doa Tolak Bala, yang Dilengkapi Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa tolak bala sebagaimana dijelaskan Nahdlatul Ulama (NU Online) yang dilengkapi latin dan artinya.

NFT Ramai Gegara Ghozali, Pria Ini Malah Temui Foto Seblak di Opensea

Bukannya menjual foto atau hasil karya untuk NFT, beberapa orang diketahui mengunggah foto-foto seblak di Opensea layaknya marketplace

Ketahui Risiko Membekukan Sel Telur Seperti Luna Maya

Sebelum melakukan prosedur membekukan sel telur ini, sebaiknya kenali terlebih dulu risikonya.

Ada Beragam Jenis Pipa di Pasaran, Kenali Karakter dan Fungsinya!

Kenali berbagai macam jenis pipa dan fungsinya yang banyak dijual di pasaran dan dibutuhkan untuk kebutuhan rumah!

Berapa Biaya Membekukan Sel Telur Seperti Dilakukan Luna Maya?

Biaya untuk membekukan sel telur bisa jadi sangat beragam untuk setiap penyedia layanan ini tergantung dari fasilitas dan teknologi yang dimiliki.

Viral! Video Makam Upin dan Ipin, Netizen: Jadi Selama ini Kita...

Dua makam anak dengan nisan bertuliskan Upin dan Ipin menjadi sorotan netizen di media sosial baru-baru ini.

Begini Proses Membekukan Sel Telur Seperti Dilakukan Luna Maya

Membekukan sel telur seperti dilakukan artis Luna Maya bisa jadi belum begitu familier, termasuk proses dan biayanya.

Perempuan Menyatakan Cinta kepada Pria? Begini Caranya

Para perempuan tidak perlu khawatir untuk menyatakan cintanya lebih dulu karena akan membuka peluang hubungan yang romantis kepada pria.

Begini Cara Membedakan Perasaan Jatuh Cinta atau Tertarik Sesaat

Ya, seringkali memang tak mudah membedakan apakah jatuh cinta atau hanya tertarik sesaat?