SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/tu.no)

Solopos.com, SOLO — Virus Heartbleed atau sebagian kalangan menyebutnya bug belakangan ini membuat pengguna media sosial khawatir. Dampaknya mungkin tak terlalu terasa di Tanah Air. Namun bagi pengguna di luar negeri, hal ini jadi isu sentral.

Hearbleed adalah celah keamanan yang memungkinkan seseorang mencuri data-data penting, seperti nama pengguna, kata kunci, dan bahkan kunci enkripsi yang berasal dari OpenSSL 1.0.1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laporan Mashable, Sabtu (12/4/2014), menyebut virus ini sering digunakan badan intelijen Amerika Serikat (NSA) untuk mencuri data. Namun kebenaran isu ini masih ditelusuri. Apalagi belum ada data akurat yang membuktikan hal ini.

Meski begitu, Heartbleed tetap dianggap mengkhawatirkan. Pihak OpenSSL sendiri telah menambal celah tersebut pada awal pekan ini. Sayangnya, ratusan dari ribuan server tampaknya masih rentan terhadap serangan Heartbleed.

Berikut sejumlah website populer beserta indikasi terdampak Heartbleed seperti dikutip dari TheVerge, Sabtu (12/4/2014):

Nama situs

terdampak

patch

Ganti Password

Facebook

Ya

Ya

Ya

Twitter

Belum diketahui

Belum diketahui

Belum diketahui

Yahoo

Ya

Ya

Ya

Gmail

Ya

Ya

Ya

Amazon

Tidak

Tidak

Tidak

Google

Ya

Ya

Ya



Microsoft

Tidak

Tidak

Tidak

LinkedIn

Tidak

Tidak

Tidak

Tumblr



Ya

Ya

Ya

Hotmail

Tidak

Tidak

Tidak

Yahoo Mail

Ya



Ya

Ya

PayPal

Tidak

Tidak

Tidak

DropBox

Ya

Ya



Ya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya