SOLOPOS.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden berbicara tentang ekonomi dan laporan kerja AS terakhir tahun 2020 di kantor pusat transisi di Wilmington, Delaware, AS, Jumat (4/12/2020). (Antara-Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan sedang mempertimbangkan wajib vaksin bagi semua pegawai federal. Kebijakan itu diwacanakan AS sebagai strategi menangkal serangan virus corona varian delta yang tengah melonjak dan mempercepat paparan Covid-19 di negara itu.

Sedangkan sumber lain melaporkan Presiden Joe Biden memang akan mengumumkan persyaratan wajib vaksin untuk semua karyawan federal dan pegawai kontrak. Kalau tidak, katanya, para pegawai tersebut harus mengikuti pengujian dan mitigasi reguler, menurut sumber yang dikatakan dekat dengan masalah tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS diperkirakan akan mengeluarkan pedoman baru pada hari ini bahwa orang-orang telah divaksinasi melawan Covid-19 wajib memakai masker di dalam ruangan, menurut laporan itu.

Baca Juga: Vaksin Sinovac Tak Efektif Hadapi Virus Corona Varian Delta?

Pergeseran kebijakan AS terjadi ketika virus corona varian delta mendorong lonjakan kasus yang tajam dan pusat penyebaran berada di wilayah yang tertinggal dalam vaksinasi. Saat mengakhiri pidatonya di depan anggota komunitas intelijen di Kantor Direktur Intelijen Nasional hari ini, Joe Biden menjawab beberapa pertanyaan dari wartawan.

Seorang jurnalis bertanya kepada Biden apakah dia berencana mewajibkan vaksinasi virus corona untuk karyawan federal. “Itu sedang dipertimbangkan sekarang, tetapi jika Anda tidak divaksinasi, Anda tidak secerdas yang saya kira,” kata Joe Biden seperti dikutip Theguardian.com, Rabu (28/7/2021).

Didukung Negara Bagian

Beberapa pemimpin lokal dan negara bagian, termasuk Wali Kota New York, Bill de Blasio, dan Gubernur California, Gavin Newsom, telah mengumumkan kewajiban semacam itu untuk pegawai pemerintah mereka.

Perdebatan tentang wajib vaksin datang ketika CDC memperbarui pedoman masker mereka hari ini, yang digambarkan Biden sebagai langkah lain dalam perjalanan kita untuk mengalahkan virus corona ini.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Kenalkan Laptop Merah Putih Bikinan Lokal

“Saya berharap semua orang Amerika Serikat yang tinggal di daerah yang dicakup oleh pedoman CDC akan mengikutinya,” papar Biden, “saya sendiri pasti akan melakukannya ketika saya bepergian ke daerah-daerah ini.”

Joe Biden sekali lagi mendorong semua orang Amerika Serikat yang memenuhi syarat untuk divaksinasi secepat mungkin. Dia mengatakan bahwa vaksin adalah perlindungan paling penting yang bisa dimiliki AS untuk melawan virus coron varian delta .

Biden menambahkan bahwa dia akan menjelaskan langkah selanjutnya dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak orang Amerika Serikat yang divaksinasi.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya