Virus Corona Masuk Indonesia, Ini 4 Langkah Pencegahan Saran IDI
Ilustrasi hasil tes darah orang positif terinfeksi virus corona. (Reuters/Dado Ruvic)

Solopos.com, JAKARTA — Munculnya dua kasus pertama virus corona di Indonesia membuat masyarakat harus waspada. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan terdapat sejumlah langkah yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan hal itu langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona harus dilakukan setelah terkonfirmasinya 2 orang warga Indonesia yang terjangkit virus tersebut.

Adapun langkah pertama, yang perlu dilakukan masyarakat adalah tidak melakukan kontak dengan penderita. Langkah kedua adalah menghindari orang-orang yang diduga terpapar, khususnya warga negara Indonesia (WN) yang baru datang dari negara-negara yang positif kasus virus corona.

Ketiga, memakai masker apabila beraktifitas di tempat umum. Masyarakat juga harus memastikan mematuhi ketentuan pemakaian masker yang tepat dan benar.

“Keempat, tetap rutin menjaga kebersihan terutama cuci tangan dengan sabun, atau memakai handsanitizer yang mengandung antiseptik. Terakhir, istirahat cukup, jaga makanan  bergizi, olahraga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh,” jelasnya, Senin (2/3/2020).

Selain itu, Daeng  juga menyebutkan sejumlah langkah yang harus dilakukan pemerintah. Pertama, penderita Covid-19 harus cepat di isolasi dan ditangani sampai sembuh.

Kedua, perlu adanya pelacakan kasus yaitu kepada orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan penderita. Dia mengatakan setelah terlacak, petugas kesehatan harus segera  melakukan observasi dan pemeriksaan mendalam.

“Saat ini tenaga medis kita sudah siap melakukan kasus ini karena sudah dibekali dengan  pedoman penangan virus corona baik pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan maupun pedoman yang dikeluarkan oleh IDI melalu Perhimpunan Dokter Paru Indonesia yang berdasarkan panduan WHO,” kata Daeng.

Adapun sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dua orang warga negara Indonesia telah positif terinfeksi virus corona. Keduanya diduga tertular setelah bertemu rekan mereka seorang warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia dan kini berada di Malaysia.

Dua orang warga Indonesia yang tertular tersebut merupakan ibu dan anak yang masing-masing berusi 64 tahun dan 31 tahun. Keduanya saat ini telah dirawat di ruang isolasi khusus Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho