SOLOPOS.COM - ilustrasi virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), dilaporkan dapat bermutasi menjadi airborne disease atau bisa menyebar melalui udara. Bahkan, lama-lama virus corona baru ini mirip dengan penyakit flu biasa.

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Yuri mengatakan bila virus corona benar-benar telah bermutasi menjadi airborne disease, penggunaan masker, cuci tangan, hingga penerapan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan virus tersebut, tidak akan seefektif seperti sebelumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

227 Pasien Positif Corona, Ikatan Dokter Anak: Peningkatannya Luar Biasa

“Semuanya tidak menjadi seefektif sebelumnya kalau benar-benar terjadi airborne,” kata Yuri, saat menjadi pembicara di channel Youtube Deddy Corbuzier.

Lebih lanjut Yuri menjelaskan, bila melihat perkembangan mutasi Covid-19 yang kian masif dengan gejala minimal, sebenarnya membawa kabar baik sekaligus buruk bagi masyarakat Indonesia.

Di satu sisi, pengendalian virus corona menjadi lebih sulit menyebar, namun di sisi lain gejala klinisnya menjadi lebih ringan. Sehingga tidak menutup kemungkinan, virus ini akan bermutasi menjadi seasonal virus meski penyebarannya sudah melalui udara.

Begini Proses Pemakaman Jenazah Pasien Positif Corona Wonogiri

“Seperti yang kita alami saar SARS dulu. Lama-lama berubah jadi seasonal flu. Sama seperti H1N1 di tahun 2009. Penyebarannya begitu menakutkan, sekarang hampir semua flu yang kita periksa itu H1N1,” ungkap Yuri.

Kendati demikian, masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta (comorbid).

Tingkat kefatalannya diklaim masih jauh lebih tinggi bila terinfeksi virus corona atau penyakit Covid-19. “Kalau didasari penyakit comorbid mungkin akan lebih parah,” tandasnya.

Dukung Salat di Rumah Saat Corona, Felix Siauw: Islam Lihat dari Fakta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya