Ismanto, 37, (kanan) warga Sine, Sragen Kota, menerima penghargaan dari Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan di Lapangan Wira Pratama Polres Sragen, Senin (23/12/2019). (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN -- Dua warga masing-masng Ismanto, warga Wonowongso RT 001/RW 008, Kelurahan Sine, Sragen Kota, dan Kresno Baskoro, warga Kampung Gendingan RT 003/RW 009, Kelurahan Sragen Tengah, Sragen Kota, mendapatkan penghargaan dari Polres Sragen.

Penghargaan diberikan kepada kedua warga sipil itu atas jasa mereka membantu kepolisian mengungkap kasus penculikan anak. Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan menyerahkan penghargaan itu saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ibu ke-91 di lingkungan Polres Sragen, Senin (23/12/2019).

Selain Ismanto dan Baskoro, ada satu warga sipil lain, yakni Kades Sambirejo Prihandoko karena mendukung renovasi pembangunan Kantor Polsek Plupuh.

Ribuan Pengusaha Klaten Belum Punya IUMK Meski Pengurusannya Gratis

Sedangkan tiga orang lainnya yang juga mendapat penghargaan merupakan anggota kepolisian. Mereka yakni Bripka Agus Harjanto (Bhabinkamtibmas Desa Girimargo, Miri), Bripka Ari Wibowo Harjanto (Bhabinkamtibmas Desa Gilirejo, Miri), dan Brigadir Anang Setiawan dari Bagian Administrasi Urusan kesehatan Bagian Sumber Daya Polres Sragen.

Mereka semua menerima penghargaan dari Kapolres Sragen karena prestasi mereka saat bekerja sebagai aparat polisi dan sebagai warga yang membantu tugas Polres Sragen. Agus Harjanto dan Ari Wibowo Harjanto mendapat apresiasi dari Kapolres karena jasa mereka menyelamatkan seorang ibu yang melahirkan di dalam mobil patroli wilayah Polsek Miri.

Sementara Anang Setiawan berprestasi karena paling cepat laporan bulanan dengan menggunakan fasilitas Whatsapp dan email serta masuk dalam 10 besar di tingkat Polda Jateng.

Ular Piton Tertangkap Sedang Memangsa Ayam Di Kandang Ternak Warga Wonogiri

Ismanto merasa senang mendapat penghargaan itu meskipun sekadar sertifikat dan surat keputusan Kapolres Sragen. Ismanto merasa dihargai jerih payahnya memviralkan foto korban dan pelaku penculikan anak lewat grup Kumpulan Wong Sragen (KWS) pada November lalu.

“Anak itu dibawa pelaku yang seorang pengamen. Anak itu sempat dicari rekan-rekan di Solo hingga akhirnya saya mengunggah fotonya di Facebook,,” ujar Ismanto saat ditemui Solopos.com, Senin pagi.

Setelah foto korban penculikan itu diunggah di Facebook, Kresno Baskoro menemukan orang dengan ciri-ciri yang sama dan akhirnya melapor ke Polsek Sragen Kota. Ismanto sempat diminta datang ke Polsek untuk memastikan korban dan pelaku.

Kasus penculikan itu dilimpahkan ke Polsek Kartasura, Sukoharjo, karena lokusnya di sana. Kapolsek Sragen Kota Iptu Mashadi mewakili Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan menyampaikan pelaku dan korban diamankan petugas saat menongkrong di dekat tempat persewaan Playstation di Cantel, Sragen.

Massa Demo Tuntut Bupati Sukoharjo Bekukan Izin Lingkungan PT RUM

“Saya mengamankan korban dan pelaku itu atas laporan dari Baskoro. Baskoro itu mengetahui korban dan pelaku setelah melihat ciri-ciri di Facebook yang diunggah Ismanto. Jadi itulah peran mereka dalam pengungkapan kasus penculikan anak itu. Mereka berhak mendapat apresiasi,” tuturnya.

Selain memberi penghargaan, Kapolres juga menyerahkan kendaraan dinas bagi 20 personel Polres Sragen.

Kendaraan dinas itu terdiri atas tujuh Yahama Vixion bagi personel Satuan Sabhara Polres Sragen, empat unit Honda Versa dan delapan unit Yamaha Vixion untuk Bhabinkamtibmas, serta satu unit Honda Vario 125 untuk sarana ujian SIM bagi Satuan Lalu Lintas Polres Sragen.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten