Potongan video salat tarawih super cepat yang dikabarkan terjadi di Blitar. (Instagram-@makassar_iinfo)

Solopos.com, VIRAL — Belakangan hari ini, beredar video viral memperlihatkan jemaah salat tarawih super cepat. Bahkan, bacaan doa dibaca sangat kilat sehingga tak terdengar begitu jelas.

Video itu menyebar di berbagai akun media sosial, salah satunya di akun Instagram @makassar_iinfo, Senin (6/5/2019). Berdasarkan video yang diunggah, sang imam salat membaca doa cepat dan memimpin gerakan dengan begitu kilat.

Di akun Instagram tersebut dijelaskan video tarawih super cepat itu direkam di Blitar, Jawa Timur. Sayang tak dijelaskan secara terperinci lokasi dan waktu kejadian. "Lokasi : Blitar, Jawa Timur," tulis pengelola akun Instagram @makassar_iinfo.

Di sisi lain, video viral tarawih super cepat tersebut justru memicu pro dan kontra di antara warganet. Tak sedikit yang mempertanyakan sah atau tidaknya tarawih tersebut. "Sah apa enggak nih?" tanya pengguna akun Instagram @omrull.

"Ini kesesatan. Tidak sah sholatnya. Tidak ada yang perlu dibanggakan," timpal pengguna akun Instagram @ichsanalimul.

Pada 2016 silam, juga viral video tarawih cepat di Blitar, Jawa Timur, tepatnya di Pondok Pesantren Mambaul Hikam yang terletak di Desa Mantenan, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar. Di pondok pesantren tersebut, ada tradisi melaksanakan salat tarawih dan witir secara cepat. Salat terawih dan salat witir yang terdiri atas 23 rekaat, dilaksanakan hanya sekitar sepuluh menit.

Dikutip Detik.com pada 8 Juni 2016 silam, Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam, KH Dliya'uddin Azzamzammi, memastikan salat tarawih super cepat di ponpesnya tidak mengurangi rukun atau syarat salat atau keluar dari syariat hukum Islam.

"Karena tuma'ninah dalam salat adalah, adanya waktu jeda untuk kita melafalkan Subhanallah baik secara lisan maupun dalam hati," tambahnya.

Namun hingga kini, lokasi pasti dari video viral salat tarawih super cepat yang belakangan hari ini beredar belum diketahui. Belum diketahui pula apakah video salat tarawih yang viral akhir-akhir ini juga direkam di Pondok Pesantren Mambaul Hikam atau lokasi lain.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten