SOLOPOS.COM - Video nakes layani pasien umum vs BPJS viral di Twitter pada Sabtu (18/3/2023). (Tangkapan layar Twitter @rampoeng)

Solopos.com, SOLO-Ranah media sosial Twitter sedang ramai membahas tentang sebuah video buatan tenaga kesehatan atau nakes yang memperlihatkan perbedaan nakes dalam layani pasien umun vs BPJS. Video ini pun viral dan akhirnya BPJS pun jadi trending topic di Twitter pada Sabtu (18/3/2023).

Hingga Sabtu malam, sudah ada26,8 ribu tweet menggunakan kata BPJS. Diketahui, kedua video tersebut diposting oleh akun TikTok @rintobelike2. Dalam video pertama, terlihat bagaimana ketiga nakes berjoget-joget saat pasien umum masuk.

Promosi Beri Dampak Nyata, Holding UMi Tingkatkan Inklusi & Literasi Keuangan Nasional

Sementara itu, di video kedua para nakes hanya duduk bermalas-malasan saat pasien BPJS masuk. Selang beberapa waktu, pemilik akun TikTok @rintobelike2 pun langsung menghapus kedua video tersebut.

Walau sudah hilang, warganet sudah keburu menyimpan dan mengunggah kedua video yang memperlihatkan perbedaan nakes dalam layani pasien umum vs BPJS ersebut di akun Twitter mereka masing-masing.

Berikut adalah beberapa cuitan warganet terkait video nakes layani pasien umum vs BPJS, sebagaimana dirangkum dari platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

“Tidak boleh ada diskriminasi dalam pelayanan pasien. Padahal banyak pasien terbantu karena bpjs ini. Karena penyakit yg dicover bpjs itu sangat buanyak Iya. Bpjs belum sempurna. Masih perlu banyak perbaikan. Akan tetapi, bpjs sangat bermanfaat So, Konten begini ga elok,” tulis dr Tirta di akun Twitter-nya seperti dikutip Solopos.com pada Sabtu malam.

“Para teman sejawat saya yang mulia. Tolong jangan bedakan pasien BPJS dan pasien umum. Semua pasien itu sama-sama butuh bantuan. Saya memohon ,” tulis akun @ProfesorZubairi.

“BPJS juga kan bayar,sebenarnya yg membuat mereka nakes sok” an ngebedain pasien perintah dr siapa dan ada pasal tertulis? cuz w BPJS yg PBI byk nunguu antri,ank Uda kecapean kondisi sakit mau g mau kadang KLO RS tingkat A sampai magrib baru sampai home,” kata @IntanRubby_8

“BPJS juga bayar kali, malah bersyukur bgt ada bpjs bisa cover biaya rumah sakit kemaren, kalau gaada bpjs udah gila sih bayar rs 27jt, ” salah satu warganet di platform media sosial milik Elon Musk itu.

Setelah viral, diketahui video nakes layani pasien umum vs BPJS itu ternyata dibuat oleh ketiga nakes yang berasal dari puskesmas Lambunu 2, Sulawesi Tengah. Mereka akhirnya mengunggah video permintaan maaf.

“Asssalamualaikum wr. wb, selamat siang, kami staff Puskesmas Lambunu 2 memohon maaf sebesar besarnya kepada Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, BPJS Kesehatan seluruh Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia, dan teman sejawat kesehatan seluruh Indonesia khusunya Dinas Kesehatan dan seluruh masyarakat Indonesia,” kata ketiga Nakes dalam video.

Ketiga nakes juga mengklarifikasi, video yang viral di media sosial dibuat hanya untuk konten semata dan tidak pernah membedakan dalam layani pasien BPJS ataupun umum sekalipun.  “Dengan merasa video kami sebenarnya pelayanan di puskesmas Lambunu 2 tidak membedakan pasien umum dan pasien BPJS, sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan video kami,” kata mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya