Viral Video Mobil Mercy di Bantul Dirusak Massa, Ini Kronologinya

Viral video perusakan mobil Mercy di kawasan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, berikut kronologi kejadiannya.

 Tangkapan layar rekaman video yang viral terkait perusakan mobil Mercy di Bantul. (Harianjogja.com-Instagram)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar rekaman video yang viral terkait perusakan mobil Mercy di Bantul. (Harianjogja.com-Instagram)

Solopos.com, BANTUL — Jagat media sosial (medsos) kembali dihebohkan dengan aksi massa yang melakukan perusakan dan penganiayaan terhadap pengemudi mobil mewah. Kali ini, kasus itu terjadi di kawasan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam video yang tersebar di berbagai platform media sosial, salah satunya Instagram, tampak sebuah mobil Marcedez Benz E240 atau Mercy tengah dirusak massa. Bahkan ada seorang warga yang nekat naik ke kap mobil dan merusak kaca depan mobil mewah keluaran Jerman itu.

PromosiCitra Nyata Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti

Aksi perusakan mobil Mercy itu diketahui terjadi di simpang empat Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, pada Kamis (26/1/2022) sore. Aksi yang terekam kamera video dan tersebar di medsos hingga viral itu pun membuat polisi turun tangan.

Baca juga: Viral! 3 Pelaku Perusakan Mobil Mercy di Bantul Diringkus

Sudah ada tiga orang yang ditangkap atas kasus perusakan itu. Ketiganya yakni ATW, 22, warga Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng); CP, 25, warga Bangunjiwo, Kasihan, Bantul; dan MDK, 21, warga Condongcatur, Depok, Sleman. Ketiganya ditangkap di rumahnya masing-masin pada Jumat (28/1/2022) malam oleh tim gabungan Jatanras Polda DIY dan Polres Bantul.

“Ketiganya diduga sebagai pelaku pengeroyokan dan perusakan,” Kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, dalam jumpa pers di Mapolres Bantul, Sabtu (29/1/2022).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Merapi Uncover (@merapi_uncover)

Peran Tersangka

Ihsan mengatakan penangkapan ketiga tersangka berdasarkan keterangan saksi-saksi maupun rekaman closed circuit television (CCTV) dan juga video yang tersebar di media sosial. Ketiga tersangka memiliki peran masing-masing dalam aksi itu. ATW terekam kamera naik ke atas kap mobil, memukul kap mobil, dan menendang pengemudi mobil dari atas kap sebanyak dua kali. ATW juga memukul bagian belakang kepala pengemudi.

“Motifnya [ATW] emosi karena sempat tertabrak oleh pelapor [pengemudi Mercy],” ujar Kapolres Bantul.

Baca juga: Terungkap! Pelaku Perusakan Lapak UMKM di Madiun Ternyata Polisi

Sementara CP berperan memukul mengunakan pelat nomor mobil yang jatuh mengenai bagian bagasi mobil sebanyak satu kali yang menyebabkan kaca mobil bagian belakang pecah. Motif CP melakukan perusakan karena terbawa suasana atau terprovokasi setelah pengemudi diteriaki maling dan dikejar massa.

Sedangkan MDK turut memukul dan menendang mobil sebanyak delapan kali. Sama halnya ATW, MDK juga emosi karena sempat tertabrak mobil Mercy.

Cekcok

Lantas, apa yang menjadi penyebab pengemudi mobil Mercy itu memacu kendaraannya hingga terjadi tabrakan? Menurut Kapolres Bantul, pengemudi mobil Mercy, Gandi Wicaksono, 39, warga Magelang, Jateng, awalnya cekcok dengan juru parkir di sebuah warung siap saji di Jalan Bantul. Saat itu Gandi mengerem mendadak mobilnya di depan warung makan siap saji kemudian membuat juru parkir sekitar kaget hingga memukul bagian mobilnya.

Tidak terima mobilnya dipukul, pengemudi Mercy keluar dari mobil hingga terjadi cekcok. Saat cekcok itu, beberapa teman juru parkir datang hingga membuat pengemudi Mercy panik dan kabur.

Baca juga: Produksi Bakso Ayam Tiren sejak 2015, Begini Pengakuan Warga Bantul

Melihat pengemudi mobil Mercy kabur, juru parkir dan teman-temannya pun mengejar hingga ke wilayah Kasongan dan Pasar Gamping dan baru berhenti di simpang empat Tamantirto, Kasihan, Bantul. Selama proses kejar mengejar itu, mobil Mercy sempat menyerempet tiga sepeda motor hingga pengemudi motor ikutan mengejar.

Namun saat mobil Mercy dengan pelat nomor B 2996 SBJ itu berhenti, aksi pengeroyokan dan perusakan mobil pun dimulai. Akibat aksi pengeroyokan dan perusakan itu, pengemudi Mercy mengalami luka memar di hampir seluruh kepala, ibu jari tangan pengkak, dan luka memar pada bahu sebelah kiri. Pengemudi mobil juga mengalami kerugian sekitar Rp50 juta akibat mobil Mercy rusak di bagian kaca, spion, serta body mobil.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Ngawur! Puluhan Spanduk Ilegal dan Membahayakan di Bantul Dibongkar

Puluhan spanduk yang dipasang secara ilegal di sejumlah titik di Kabupaten Bantul ditertibkan.

TPA Gunungkidul Menggunung, Setiap Hari Sampah yang Masuk Capai 50 Ton

Volume sampah yang masuk di Tempat Pembuanagn Akhir (TPA) sampah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, mencapai 50 ton per hari.

Awas! Gelombang Tinggi & Banjir Rob Landa Pantai Bantul Hingga 20 Mei

Masyarakat dimina mewaspadai potensi banjir rob dan gelombang tinggi di pantai Bantul hingga 20 Mei 2022.

Seorang Siswa di Jogja Ikuti ASPD di Balai Rehabilitasi, Ini Sebabnya

Seorang siswa kelas IX di SMPN 15 Kota Jogja terpaksa harus mengikuti Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras.

Korupsi Dana Desa di Getas Gunungkidul, Kejari Bidik Pelaku Lain

Kejaksaan Negeri Gunungkidul akan menelusuri secara lanjut kasus korupsi Dana Desa di Kalurahan Getas, Kapanewon Playen.

Sopir di Jogja Ajak Berhubungan Badan Remaja Usai Curi HP-nya

Seorang sopir di Kota Jogja mengambil HP milik seorang gadis dan memintanya untuk berubungan badan jika HPnya mau kembali.

Putusan Belum Inkrah, Dana Desa di Getas Gunungkidul Tak Bica Dicairkan

Proses hukum kasus korupsi Dana Desa Kalurahan Getas, Playen, Gunungkidul, belum rampung sebabkan pencarian Dana Desa terhambat.

Komisaris PLN Tedi Bharata Kunjungi Wisata Mitra Binaan TJSL PLN

Beberapa mitra binaan TSJL PLN Peduli yang dikunjungi antara lain Sekolah Sungai Siluk, Ekowisata Sungai Mudal, dan Balkondes Ngadiharjo.

Hari Jadi Ke-106, Sleman Terus Perbaiki Layanan kepada Masyarakat

Pemkab Sleman tahun ini genap berusia 106, banyak penghargaan yang telah diraih.

Kasus Penyakit Mulut & Kuku pada Hewan Ternak Ditemukan di Kulonprogo

Pemkab Kulonprogo mendeteksi ada dua hewan ternak di wilayahnya yang terpapar penyakit mulut dan kuku.

Waduh, Aksi Klitih Terjadi di Pakualaman, Seorang Pemuda Terkena Sajam

Aksi klitih diduga terjadi lagi di Pakualaman, Jogja, dan mengakibatkan seorang pemuda menjadi korban.

Asyik, YIA Segera Layani Penerbangan ke Singapura

Yogyakarta International Airport segera membuka rute penerbangan ke Sinagpura.

Mobil Tabrak Toko Buah di Sleman Sampai Ambyar, Begini Kronologinya

Mobil menabrak toko buah yang ada di Jalan Kaliurang Km 13,8, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Long Weekend, Sleman Diserbu Wisatawan, Lebih Ramai dari Lebaran

Sejumlah objek wisata di Kabupaten Sleman kembali diserbu wisatawan saat libur panjang akhir pekan atau long weekend Hari Raya Waisak.

Jogja Sumuk Dab! Begini Penjelasan BMKG

Suhu udara di Kota Jogja dan sekitarnya atau DIY terasa panas alias sumuk, bahkan mencapai 33,6 derajat Celcius.