Viral Video KPPS Coblos Surat Suara di Boyolali, Bawaslu Jateng Desak PSU

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) mendesak Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Boyolali untuk menggelar pemungutan ulang suara (PSU) di TPS 8 Dukuh Winong, Desa Karangjati, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali.

Viral Video KPPS Coblos Surat Suara di Boyolali, Bawaslu Jateng Desak PSU

SOLOPOS.COM - Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin, saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (24/1/2019). (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) mendesak Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Boyolali untuk menggelar pemungutan ulang suara (PSU) di TPS 8 Dukuh Winong, Desa Karangjati, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali.

TPS 8 Desa Karangjati direkomendasikan menggelar PSU setelah terungkapnya keterlibatan salah seorang anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dalam mencoblos surat suara milik pemilih.

Kejadian itu pun sempat terekam kamera seorang warga, hingga videonya viral di media sosial (medsos).

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin, mengatakan jajaran Bawaslu sudah mengusut kasus yang terjadi di salah satu TPS di Kabupaten Boyolali itu. Pihaknya pun mendesak agar KPU setempat segera menggelar PSU menyusul adanya keterlibatan petugas KPPS dalam melakukan pencoblosan

Peristiwa KPPS mencoblos surat suara itu tidak sesuai dengan asas dan prinsip pemilu, yakni  langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Tindakan mencobloskan yang dilakukan  anggota KPPS itu melanggar aturan dan tidak sesuai perundang-udangan," ujar Rofiuddin, Rabu (24/4/2019).

Rofiuddin mengatakan jika mengacu pada Pasal 37 ayat (2) UU No.7/2017 tentang Pemilu, maka pemungutan suara di TPS wajib diulang apabila pembukaan kotak suara, berkas pemungutan, dan penghitungan suara tida dilakukan sesuai tata cara yang ditetapkan dalam perundang-undangan.

“Bawaslu Kabupaten Boyolali sudah merekomendasikan ke KPU Kabupaten Boyolali agar KPPS melaksanakan PSU di TPS 8 Desa Karangjati selambat-lambatnya 10 hari sejak hari pemungutan suara [17 April],” imbuh Rofi.

Dalam rekaman video yang tersebar di medsos, anggota KPPS di TPS 8 Desa Karangjati memang terlihat ikut mencoblos surat suara yang dimiliki warga. Ia bahkan mencoblos surat suara di bilik suara pada saat pemungutan suara, 17 April.

Dari hasil penyelidikan Bawaslu, anggota KPPS tersebut tidak hanya mencoblos satu kali saja tapi lebih dari 10 kali.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.