Tutup Iklan

Viral Video KPPS Coblos Surat Suara di Boyolali, Bawaslu Jateng Desak PSU

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) mendesak Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Boyolali untuk menggelar pemungutan ulang suara (PSU) di TPS 8 Dukuh Winong, Desa Karangjati, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali.

Viral Video KPPS Coblos Surat Suara di Boyolali, Bawaslu Jateng Desak PSU

SOLOPOS.COM - Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin, saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (24/1/2019). (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) mendesak Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Boyolali untuk menggelar pemungutan ulang suara (PSU) di TPS 8 Dukuh Winong, Desa Karangjati, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali.

TPS 8 Desa Karangjati direkomendasikan menggelar PSU setelah terungkapnya keterlibatan salah seorang anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dalam mencoblos surat suara milik pemilih.

Kejadian itu pun sempat terekam kamera seorang warga, hingga videonya viral di media sosial (medsos).

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin, mengatakan jajaran Bawaslu sudah mengusut kasus yang terjadi di salah satu TPS di Kabupaten Boyolali itu. Pihaknya pun mendesak agar KPU setempat segera menggelar PSU menyusul adanya keterlibatan petugas KPPS dalam melakukan pencoblosan

Peristiwa KPPS mencoblos surat suara itu tidak sesuai dengan asas dan prinsip pemilu, yakni  langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Tindakan mencobloskan yang dilakukan  anggota KPPS itu melanggar aturan dan tidak sesuai perundang-udangan," ujar Rofiuddin, Rabu (24/4/2019).

Rofiuddin mengatakan jika mengacu pada Pasal 37 ayat (2) UU No.7/2017 tentang Pemilu, maka pemungutan suara di TPS wajib diulang apabila pembukaan kotak suara, berkas pemungutan, dan penghitungan suara tida dilakukan sesuai tata cara yang ditetapkan dalam perundang-undangan.

“Bawaslu Kabupaten Boyolali sudah merekomendasikan ke KPU Kabupaten Boyolali agar KPPS melaksanakan PSU di TPS 8 Desa Karangjati selambat-lambatnya 10 hari sejak hari pemungutan suara [17 April],” imbuh Rofi.

Dalam rekaman video yang tersebar di medsos, anggota KPPS di TPS 8 Desa Karangjati memang terlihat ikut mencoblos surat suara yang dimiliki warga. Ia bahkan mencoblos surat suara di bilik suara pada saat pemungutan suara, 17 April.

Dari hasil penyelidikan Bawaslu, anggota KPPS tersebut tidak hanya mencoblos satu kali saja tapi lebih dari 10 kali.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Innalillahi, Sesepuh Dalang Klaten Ki Tomo Pandoyo Meninggal Dunia

Ki Tomo Pandoyo, 62, dalang asal Klaten meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ki Tomo dikenal sebagai sosok sesepuh para dalang Kabupaten Bersinar.

Dihadiri 300 Tamu, Hajatan Pernikahan Di Wisma Boga Solo Baru Sukoharjo Dibubarkan Paksa

Hajatan pernikahan di Wisma Boga, Solo Baru, Sukoharjo, dibubarkan Satgas Covid-19 Kecamatan Grogol, karena melanggar SE Bupati tentang PPKM.

Tabuh Genderang Perang, Petani Miri Sragen Bisa Basmi 26.516 Ekor Tikus

Sebanyak 1.150 petani di lima desa di Kecamatan Miri, Sragen, menabuh genderang perang melawan koloni tikus melalui kegiatan geropyokan yang digelar Minggu (20/6/2021) pagi.

Tinggal Sendirian, Seorang Perempuan Ditemukan Membusuk Di Kamar Indekos Sukoharjo

Seorang perempuan yang bekerja sebagai buruh dan tinggal seorang diri ditemukan membusuk di kamar indekosnya di Grogol, Sukoharjo.

Aktivis Sekolah Sungai Klaten yang Meninggal Dunia Pernah Dapat Penghargaan Dari BNPB

Aktivis Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 40, meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021). Ternyata, Arif pernah menerima penghargaan dari BNPB.

Beredar Foto IGD Untuk Pasien Covid-19 RSUD Wonogiri Penuh, Cek Faktanya!

Foto ruang IGD pasien Covid-19 RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri dalam kondisi penuh beredar di media sosial, faktanya?

Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini: Italia Vs Wales, Swiss Vs Turki

Piala Eropa atau Euro 2020 kembali bergulir pada Minggu (20/6/2021). Jadwal pertandingan menunjukkan duel Italia vs Wales dan Swiss vs Turki di Grup A.

KA Nusa Tembini Susuri Rute Jogja - Cilacap, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan kereta api baru KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta pergi pulang (PP) pada 2 Juli 2021 mendatang.

Kronologi Penemuan Kerangka Mayat di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Warga menemukan kerangka mayat di hutan Gunung Pegat di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021), saat mencari ranting.

Ini Identitas Kerangka Mayat yang Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan di kawasan hutan Gunung Pegat tepatnya di Desa/Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).

Yamaha Motor Punya Desain Klasik FZ-X Seharga Rp23 Juta

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan satu lagi varian klasik FZ-X berkpaitas mesin 150 cc seharga Rp23 juta untuk pangsa pasar India.

Gempar! Kerangka Mayat Ditemukan di Hutan Gunung Pegat Bulu Sukoharjo

Mayat tinggal kerangka ditemukan warga di sekitar Gunung Pegat, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (20/6/2021).