SOLOPOS.COM - Satpol PP Kota Semarang semprot warung dengan air dari mobil damkar. Aksi ini viral di media sosial Instagram. (Instagram)

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, secara terang-terangan menegur Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto.

Hal ini dilakukan Hendi menyusul viralnya video yang menayangkan aksi petugas Satpol PP Kota Semarang saat menertibkan warung-warung dan toko milik warga saat penertiban PPKM Darurat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam video yang beredar di sejumlah akun media sosial Instagram, salah satunya akun @infokejadiansemarang, Senin (5/7/2021). Terlihat petugas Satpol PP Kota Semarang menerjunkan kendaraan pemadam kebakaran (damkar) untuk melakukan penertiban di sejumlah toko dan warung yang melanggar batas jam operasional yang diatur dalam PPKM Darurat.

Baca juga: Warung di Batang Ini Gratiskan Hidangan untuk Pasien Covid-19

Sejumlah toko ini pun disemprot dengan air yang berasal dari kendaraan damkar. Tak hanya itu, Satpol PP juga menyita barang-barang dan kursi milik pedagang yang terpajang di toko maupun warung.

Aksi Satpol PP Kota Semarang ini pun viral di media sosial. Bahkan selang 11 jam diunggah di akun @infokejadiansemarang, video tersebut sudah tayang sekitar 261.000 kali.

Baca juga: Nekat Buka Saat PPKM, Kursi Bakul di Kudus Diangkut Satgas

Aksi ini juga mendatangkan kritik dari netizen. Total ada sekitar 10.000 komentar yang mayoritas menghujat perbuatan Satpol PP Kota Semarang.

“Parah, menertibkan boleh tapi tidak dengan cara yg tidak manusiawi gitu bos, la emange kucing disemproti ngono,” tulis akun @hilariuserwin.

“Opo yen wes ngunu corona ilang ,,jaminane opo ,,,???” tulis akun @mr.tinto_vtec.

“Bisa lebih manusiawi. Toh gur ngalarang2 tok, ga ngasih solusi nek sing dilarang kuwi terus do arep mangan opo,” respons akun @yusroapriliyanto.

Kepala Satpol PP Kena Marah

Baca juga: Warga Kudus Diajak Tak Sembarang Buang Limbah Masker

Tak hanya netizen, aksi ini juga memicu kemarahan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Wali Kota yang karib disapa Hendi itu bahkan mengaku telah menegur Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto.

“Saya tegur Kasatpol [Fajar Purwoto] karena Satpol secara terang-terangan menyemprot warung-warung yang masih berjualan. Masih banyak yang bisa dilakukan supaya semua nurut dengan aturan. Bermainlah dengan efisien, lakukan dengan sebaik-baiknya. Sampaikan kepada masyarakat dengan santun. Jangan sampai ada kejadian yang karena Anda [Satpol PP] capek justru membuat kontraproduktif,” ujar Hendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya