Kategori: Viral

Viral Replika Kampung Indonesia di Kebun Binatang Taronga Australia


Solopos.com/Indah Pranataning Tyas

Solopos.com, SOLO — Replika Taman Nasional Way Kambas di Kebun Binatang Taronga, sedang menjadi perbincangan hangat netizen Indonesia. Siapa sangka ada replika perkampungan khas Indonesia yang ada di Kebun Binatang Taronga, Sydney, Australia.

Viral! Bupati Blora Asyik Nyanyi Sambil Joget di Hajatan

Dalam replika kampung tersebut, terdapat berbagai dekorasi yang biasanya hanya di temui di Indonesia, seperti warung pulsa, gerobak ketupat tahu, mi ayam hingga tempat tambal ban.

Ramainya perbincangan itu berawal dari unggahan Tiktok @rapuncila. Kreator Tiktok ini mengunggah video saat dirinya sedang berwisata di Kebun Binatang Taronga. Dalam unggahan tersebut, terdapat sejumlah turis yang asik berjalan-jalan di tengah suasana perkampungan itu.

Sejumlah rumah juga tampak berhadap-hadapan dengan jalan aspal di tengah. Dilengkapi pula pepohonan yang tampak menghiasi kawasan tersebut. Bahkan dalam unggahan video itu, terdapat juga dekorasi warung perabotan, warung pulsa, hingga gerobak ketupat dan mi ayam bakso.

Viral Kabar Satpol PP Karanganyar Bubarkan Hajatan di Karangpandan, Begini Faktanya

“Tebak ini Indonesia atau bukan?” tulis Cila dalam video tersebut.

Yang membuat netizen semakin salah fokus yaitu di bagian lain dari tempat tersebut, ada sebuah bengkel motor lengkap dengan bensin ecerannya. Terlihat juga ada gapura jalanan khas kampung Indonesia bertuliskan Taman Nasional Way Kambas. Dekorasi-dekorasi ini semakin membuat pengunjung merasakan suasana Indonesia.

Postingan Tiktok

Tangkapan layar video Replika kampung Indonesia. (Istimewa/Tiktok/rapuncila)

“Ini di Sydney Australia loh. Tempatnya dibikin mirip banget sama Taman Nasional Way Kambas,” kata Kreator Tiktok tersebut. Tentu saja video yang diunggah pada 12 Oktober itu mengundang berbagai komentar lucu netizen. Bahkan video ini sudah mendapat 1,2 juta views, dan juga viral di Twitter setelah diunggah oleh akun Twitter @eldidito.

Ingat! Ventilasi yang Baik akan Kurangi Risiko Persebaran Covid-19

di luar negeri jdi pameran. Di Indo diremehkan,” ujar akun Tiktok Lydhiea rakabuming.

ya Allah, itu sampek jalan rusak2nya juga disamain,” kata akun Tiktok onenonly.

Sebagai warga lampung gua merasa bangga,” ungkap akun Tiktok wawa02.

@rapuncilaAustralia rasa Indonesia ?? ##indo ##fyp ##cintaindo ##mieayam ##tahukupat

? Milk Tea - Official Sound Studio

Penelusuran

Setelah ditelusuri lebih lanjut, kebun binatang ini terletak di pesisir Pelabuhan Sydney, dan bisa ditempuh 12 menit dari Kota Sydney dengan kapal feri. Para turis harus membayar Rp400.000 per orang untuk masuk ke kebun binatang tersebut.

Tempat ini dibuka pada 7 Oktober 1916. Kebun binatang ini memiliki lahan seluas 28 hektar dan menjadi rumah bagi lebih 4000 hewan dari 350 spesies.

Dilansir Nikkei Asia, Selasa (12/10/2020), ternyata kebun binatang ini telah lama menjalin kerja sama dengan Taman Nasional Way Kambas Lampung. Kerja sama ini memiliki tujuan utama untuk menyelamatkan Harimau Sumatra dan Badak Jawa.

Bahkan mereka juga turut prihatin atas hilangnya rumah hewan-hewan tersebut, karena penebangan kayu illegal dan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Kebun Binatang ini bahkan mengirim dokter hewan untuk melakukan prosedur medis pada badak.

Tak cukup, mereka juga membantu penduduk setempat untuk mencari pekerjaan di Taman Nasional Way Kambas sebagai pemandu dan tuan rumah bagi turis asing.

“Ini adalah bentuk dukungan dari kami untuk Indonesia. Kami bekerja dengan cara yang sangat membesarkan hati dan positif. Jadi kami menghargai usaha keras dari berbagai pihak,” kata Cameron Kerr, Kepala eksekutif Kebun Binatang Taronga.

 

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf