Viral ramalan Eyang Ibung soal gempa Banten, Jumat (3/8/2019). (Istimewa/Facebook)

Solopos.com, SOLO - Jagat dunia maya dihebohkan dengan akun Facebook Eyang Ibung yang disebut-sebut tepat memprediksi gempa Jumat (2/8/2019) malam WIB. Sosok yang mendadak viral ini mengungkap sejumlah pernyataan soal gempa yang bakal terjadi.

Seperti diketahui, Gempa berkekuatan 7,4 skala richter (SR) terjadi di 147Km di wilayah barat daya Sumur, Banten, Jumat sekitar pukul 19.03. Gempa terjadi di kedalaman 10 km. Gempa ini dinyatakan berpotensi tsunami.

Sebelum gempa ini terjadi, sosok bernama Eyang Ibung menuliskan peringatan. "Yuk kita sholat Asar, sebentar lagi ada gempa...!" demikian tulisnya sekitar pukul 15.33 WIB. 

Selanjutnya, ia melanjutkan tulisan di statusnya, yang mengingatkan warganet supaya tetap waspada sampai Sabtu malam, 3 Agustus 2019. "Tetap waspada sampai malam minggu, InsyaAllah hari minggu sampai senen sore, gempa istirahat dulu...!" paparnya.

Tidak berselang lama, Eyang Ibung lagi-lagi memberi peringatan bahwa akan terjadi gempa Bumi susulan. "Tetap waspada... Kira-kira jam 12an masih ada gempa lagi...!" jelas dia.

Sontak unggahan-unggahan Eyang Ibung menjadi viral dan banyak dibagikan di berbagai akun media sosial lain. Akun-akun populer yang memuat postingan soal gempa di Banten dikomentari soal prediksi Eyang Ibung. Bahkan akun Instagram BMKG dan BNPB diminta oleh sejumlah netizen untuk memperhatikan prediksi dari Eyang Ibung.

Postingan ini juga ditanggapi pro dan kontra dari netizen. Ada yang percaya namun tak sedikit yang curiga. Sebagian yang tak percaya adalah karena Facebook memberi kemudahan bagi penggunanya untuk merevisi waktu postingan. Misalnya dalam keterangan waktu postingan diunggah Jumat pukul 20.10 WIB bisa saja direvisi  menjadi pukul 15.00 WIB. Hal inilah yang membuat netizen curiga.

Hingga Sabtu (3/8/2019) dini hari WIB, Solopos.com belum bisa memastikan keaslian unggahan Eyang Ibung. Belum bisa dipastikan pula apakah postingan itu bebas dari rekayasa waktu.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten