Tutup Iklan
Ilustrasi surat suara pemilihan umum. (Bisnis-Dwi Prasetya)

Solopos.com, SOLO -- Nama dan foto Joko Widodo viral di media sosial hingga hari ini. Bukan Presiden Jokowi, Joko Widodo yang viral ini adalah nama calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kemunculannya menjadi unik dengan kalimat "PKS resmi calonkan H. Joko Widodo".

Joko Widodo ini maju sebagai http://news.solopos.com/read/20180724/496/929876/kapitra-ampera-mantan-pengacara-rizieq-resmi-caleg-pdip-untuk-bela-ulama" target="_blank">caleg untuk memperebutkan kursi di DPRD Jawa Tengah. Dia maju dari Daerah Pemilihan II Jateng, yakni Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga. Hal ini tampak dari poster digital yang menyebar di media sosial yang memuat foto Joko Widodo mengenakan peci hitam dan memiliki nomor urut 1.

Lalu apa kata http://news.solopos.com/read/20180718/496/928628/alasan-pendiri-pks-yusuf-supendi-ke-pdip-70-massa-banteng-muslim" target="_blank">PKS? Pimpinan salah satu partai oposisi di era Presiden Jokowi tersebut mengonfirmasi bahwa Joko Widodo merupakan salah satu nama yang diajukan partainya sebagai caleg di Jawa Tengah. PKS juga mengonfirmasi bahwa Joko Widodo sudah lama menjadi kader partai tersebut.

“Tapi ini Joko Widodo kader kami, bukan yang presiden itu. Dia sebenarnya sudah lama menjadi kader kami,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PKS Abdul Hakim yang dilansir Suara.com.

Menurut Abdul Hakim, di struktur PKS, Joko Widodo merupakan Koordinator Wilayah Dakwah Jatijaya, yang menakup Jateng, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Pada Pemilu 2014 juga dia pernah menjadi http://soloraya.solopos.com/read/20180723/489/929573/istri-eks-sekda-solo-jelaskan-alasan-nyaleg-tak-lewat-golkar" target="_blank">caleg, tapi dari dapil berbeda. Pemilu 2014, dia caleg untuk DPR RI dari dapil Kalimantan Tengah,” tandasnya.

https://pbs.twimg.com/media/Di6I6OFVsAEmyzm.jpg" alt="jokowidodopks" />Poster Joko Widodo caleg PKS Jawa Tengah.

Beberapa akun tokoh nasional juga berkicau tentang hal ini, salah satunya adalah akun Twitter Alvin Lie, @alvinlie21. "Benar. PKS resmi calonkan H. Joko Widodo," kicaunya dengan mengunggah poster Joko Widodo sebagai caleg itu.

Begitu pula dengan akun aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho, @emerson_yuntho.

Avatar
Editor:
Adib M Asfar

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten