Viral Pendaki Petik Edelweis, Pemkab Karanganyar akan Perketat Aturan di Jalur Turun
Pendaki yang nekat petik edelweis di Gunung Lawu, Karangnyar, Minggu (13/9/2020). (Facebook Gunung Lawu 3265 Mdpl)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar mengaku kecolongan atas adanya pendaki yang nekat memetik edelweis.

Ulah pendaki tersebut bisa mengancam keberadaan bunga yang dipercaya sebagai simbol keabadian itu.

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Disparpora Kabupaten Karanganyar, Nardi, menyampaikan pihaknya sedang berupaya mencari informasi detail kejadian tersebut.

Diduga Langgar Netralitas dalam Pilkada, 2 PNS di Klaten Dilaporkan Bawaslu

Sejak Minggu (13/9/2020) malam, dia bersama Masyarakat Peduli Lawu (MPL) mencari warga Internet yang mengunggah video. Mereka mengecek data pendaki yang naik Gunung Lawu melalui jalur pendakian Candi Ceto pada Sabtu (12/9/2020) atau Minggu.

“Sampai saat ini [Senin siang] orang yang mengambil gambar itu belum melapor. Kami berupaya konfirmasi dia. Informasinya dia mau lapor saat turun tetapi terkendala teman perempuan satu rombongan sakit. Tetapi di media sosial sudah ramai,” ujar Nardi saat dihubungi Solopos.com, Senin (14/9/2020).

Nardi menyampaikan kejadian pendaki memetik edelweis tersebut merupakan kali pertama di Gunung Lawu. Dia mengaku kecolongan terhadap kejadian itu.

Tes Swab, 10 Karyawan BPJS Kesehatan Boyolali Positif Covid-19

Perketat Aturan

Nardi menduga ulah pendaki perempuan ini terjadi di dekat Gupakan Menjangan. Salah satu pertimbangannya adalah vegetasi edelweis ada di atas pos empat jalur pendakian Gunung Lawu melalui Candi Ceto.

Nardi memastikan akan memperketat aturan bagi pendaki yang turun dari Gunung Lawu. Dia juga berharap pelaku maupun orang yang mengenal pelaku segera melapor.

“Kami lebih waspada dan mengcek bawaan pendaki saat turun. Padahal kami sudah memberikan peringatan di papan informasi agar tidak merusak flora dan fauna. Kan termasuk tidak memetik edelweis. Kami juga ingatkan pendaki saat brifieng sebelum naik,” jelas dia.

Viral Pendaki Nekat Petik Edelweis di Gunung Lawu Karanganyar, Alasannya Bikin Kesal

Sebelumnya diberitakan, video seorang pendaki perempuan nekat memetik bunga edelweis saat mendaki Gunung Lawu, Karanganyar, bikin heboh. Pendaki tersebut tak acuh saat diingatkan pendaki lain bahwa memetik edelweiss dilarang.

Cerita bermula saat salah seorang pendaki lelaki berpapasan dengan pendaki perempuan itu. Pendaki lelaki memperingatkan pendaki tersebut agar mengembalikan edelweis ke tempat dia memetik.

Momen itu diabadikan menggunakan video. Video tersebut diunggah di Facebook. Solopos.com mengecek video tersebut melalui akun Gunung Lawu 3265 Mdpl pada Senin. Pendaki tersebut nekat mengambil edelweiss padahal sudah diperingatkan. Dia beralasan hanya mengambil sedikit.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom