Viral Parfum Perempuan di Sel Palsu Setya Novanto
Penampakan parfum di sel yang disebut sebagai sel Setya Novanto di LP Sukamiskin. (Youtube/Najwa Shihab)

Solopos.com, SOLO -- Suap yang melibatkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin Wahid Husein dan terpidana Fahmi Darmawansyah membuka mata publik tentang praktik terlarang di LP koruptor itu. Tak terkecuali Setya Novanto, terpidana kasus korupsi e-KTP yang menghuni LP tersebut.

Kedatangan Najwa Shihab di LP tersebut membuka fakta tentang wajah sel-sel yang dihuni napi kasus korupsi. Salah satu yang didatangi adalah sel Setya Novanto yang sejak awal sudah dicurigai bukan selnya yang sebenarnya.

Saat didatangi oleh tim Najwa, sel nomor 29 di blok A timur tersebut memang diisi oleh Setya Novanto. Saat pintu dibuka, Setya Novanto menyambut dengan wajah yang banyak senyum. Hal itu memancing Najwa memberikan banyak pertanyaan seperti yang ditunjukkan dalam program Mata Najwa di Trans7, Rabu (25/7/2018).

"Lagi apa, Pak?" tanya Najwa. "Biasa lagi baca-baca Alquran," jawab Setnov.
"Tambah langsing sekarang," tanya Najwa.
"Habisnya berdoa terus, pagi pukul 03.00 WIB bangun, doa, terus subuh, terus olahraga," jawab Setnov sambil tersenyum lebar.
"Tetap ceria saya lihat Pak Setnov," pancing Najwa.
"Ya tetap ikhlas aja. Ikhlas, doa aja terus."

Saat ditanya tentang kapan menempati sel tersebut, Setnov mengaku sejak awal dirinya dieksekusi di LP tersebut. Dia mengklaim tidak pernah berpindah-pindah sejak 3 bulan lalu.

Sel tersebut cukup sempit seperti halnya sel-sel lain di LP Sukamiskin. Bahkan, penampakannya jauh lebih sederhana daripada isi sel Fahmi Darmawansyah yang videonya viral beberapa hari lalu. Tempat mandi di sel itu hanya disekat dengan kayu-kayu.

Ada pula tempat tidur kayu dengan kasur yang ditutup sprei putih. Yang menarik, ada kaligrafi besar dengan pigura tepat di atas tempat duduk Setnov. Ada pula mi instan, sebungkus roti tawar, dan di atas meja terdapat minyak rambut serta parfum perempuan.

"Ini kamar bapak ya? Ini semua bapak bawa atau udah ada nih?" tanya Najwa. Setnov mengaku barang-barang besar di sel itu sudah ada sejak sebelum dia masuk. Padahal, barang-barang itu terlihat masih baru dan terlihat tak cocok dengan gaya Setnov. Hal itu dikonfirmasi ke Menkumham Yasonna Laoly dalam kesempatan berbeda di studio Trans7.

"Kalau dilihat isi sel Setya Novanto dari mulai barang pribadi, baju, perlengkapan mandi, makanan, rasanya tidak sesuai dengan profil Setya Novanto," kata Najwa kepada Yasonna.

Yasonna pun mengakui hal itu mencurigakan. Dia mengakui pula penempatan nama Setnov di papan daftar penghuni sel yang berbeda dari nama-nama napi lainnya. Di papan itu, nama Setya Novanto hanya berupa stiker kertas yang tertempel.

"Salah satu yang mencurigakan itu ada parfum perempuan Pak? Sama dengan parfum saya. Saya akan sebutkan mereknya Victoria Secret Body Mist Pure Production," kata Najwa.

"Mungkin kalau istrinya datang ya disuruh pake parfum itu biar sama rasanya gitu," jawab Yasonna mengklarifikasi.

Namun fakta lain menguatkan dugaan bahwa sel nomor 29 itu bukan tempat asli Setnov. Pasalnya sudah, kata Najwa, sudah ada 2 penghuni LP Sukamiskin yang menyatakan Setnov bukan menghuni sel itu. Sel asli Setnov disebut ada di nomor 2 dan 3 yang kabarnya dijadikan sebagai satu sel yang luas. Namun, kedua sel itu tak ada nama penghuninya.

"Nomor 1 itu sel Bung Karno, nomor 2 dan 3 itu tidak ada namanya. Informasinya 2 sel itu sedang dibongkar, dua sel itu dihuni Pak Setya Novanto" ungkap Najwa.

Bahkan katanya, ada kabar bahwa seringkali ada mobil datang membawa barang-barang untuk mengisi sel itu.

"Mencurigakan itu pasti, ini merupakan tamparan seluruh ruang dari sejak minggu sudah dibenahi dan diangkat semua fasilitas di sana dan tidak mungkin lagi yang seperti itu. Satu orang 1 sel, tidak ada kamar kerja, itu akan diterapkan, malam ini kita cari orang yang punya kemampuan dan berintegritas," jawab Yasonna.

Belakangan, Yasonna mengungkapkan bahwa sebelum datang LP tersebut, Najwa sudah meneleponnya dan memberitahukan kecurigaan sel palsu Setnov itu. Lalu, dia mempersilakan tim Mata Najwa untuk masuk ke lokasi itu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom