Potongan video orang gangguan jiwa membuka jalan untuk ambulans. (Instagram)

Solopos.com, BANDUNG — Video yang menunjukkan orang dengan gangguan jiwa tengah membantu membuka jalan untuk ambulans viral di media sosial. Vide tersebut ternyata direkam di kawasan Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

So perekam video viral sekaligus sopir ambulans, Muhammad Sandy Nugraha, bercerita awalnya sedang bertugas mengantar pasien dari RS Al Islam ke RS Santosa, Rabu (13/11/2019). Namun di tengah jalan, ia harus memutar mencari jalan lain karena rute yang biasa tertutup oleh demonstrasi ormas.

Hingga sampai di daerah Banceuy, Sandy memperhatikan ada seorang pria tanpa baju sedang tiduran di trotoar. Pria tersebut menyadari ambulans kesulitan melewati jalan yang padat hingga akhirnya berdiri dan lari-lari mengarahkan kendaraan lain. Tak lupa, pria itu mengepalkan tangan dan meneriakkan, "Hidup ambulans!"

"Ada ODGJ [orang dengan gangguan jiwa] tersebut awalnya lagi tiduran di trotoar pinggir jalan. Saya juga enggak engeh awalnya. Waktu itu sebelah kiri banyak yang parkir, saya kecegat beberapa mobil. Pas liat ke kiri orang itu bangun lari nyampirin ambulans," papar Sandhy kepada Detik.com.

"Karena ngeliat dia lari-lari saya videoin. Di depan ada angkot lagi ngetem, dia suruh-suruh jalan. Terus teriak hidup ambulans, hidup ambulans," lanjutnya.

Sandy mengaku selama 1,5 tahun bertugas menjadi sopir ambulans baru pertama kali mendapat pengawalan dari seorang ODGJ. Hal ini menurutnya jadi sebuah pengalaman yang berkesan.

"Setahun setengah jalan dua tahun bawa ambulans. Banyak yang pernah bantu escorting dari pengguna jalan sampai Gojek, tapi yang kemarin itu beda paling berkesan enggak bisa diungkapkan," katanya.

Warga sekitar juga membenarkan adanya peristiwa itu. Beredar kabar, pria tersebut berulah melempari sejumlah mobil di Jalan Supratman, Kota Bandung.

"Iya tadi memang ada jam setengah sebelas siang. Dia lempar-lempar pakai batu," ucap seorang warga bernama Dadang, Kamis (14/22/2019).

Video pengidap gangguan jiwa yang viral tersebut mendapat banyak tanggapan positif. Setidaknya, pria dalam video tersebut menyadarkan para pengguna jalan tentang pentingnya kesadaran memberi prioritas pada ambulans yang melintas, terlebih dalam kondisi gawat darurat


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten