Video viral penampakan kuda terbang di langit. (Istimewa/Twitter)

Solopos.com, SOLO - Akun Twitter Afif Xavi mengunggah rekaman awan berbentuk kuda berjalan di langit. Dalam keterangan, video itu kabarnya direkam di Terminal Burungasih Surabaya.

"Dapat dari grup Watsap," demikian tulis @AfifXavi di unggahan 8 Oktober 2019 itu.

Setelah video ini viral di medsos, hal tersebut membuat keresahan di tengah masyarakat. Sebab, beberapa orang mengatakan, kemunculan kuda tersebut merupakan tanda dari akhir zaman.

Video berdurasi 15 detik itu pun semakin mencekam ketika suara pria yang ada di video terekam dengan jelas. Di sana dia terus mengucapkan "Allahu Akbar" "Semakin jelas" "Allah hadir". Kalimat ini membuat video tersebut semakin dramatis. Terlebih adanya suara 'aneh' yang entah dari mana datangnya.

Ada yang meyakini video ini, namun tak banyak pula yang skeptis. Banyak netizen yang mengatakan video ini cuma rekayasa.

"Itu tanda-tanda bahwa photoshop bikin orang yang suka teriak-teriak akhir zaman terlihat culun," cuit @arman_111213.

"After effects plus audio dari TikTok," tegas @undrenic.

Pabrik Sritex Group di Jaten Karanganyar Terbakar

"Mana ada! Surabaya panasnya nggak karuan," komen @syaharaniw.

"Video ini sudah lama, kak. Tahun 2012-an. Btw, Surabaya nggak pernah mendung tuh," kata @Rdjshptr.

"Gua pertama kali lihat video ini lokasinya di Ciputat, sekarang Surabaya," ungkap @doublecleansing.

Video Serupa

Penelusuran Solopos.com, Kamis (10/10/2019), video serupa pernah beredar beberapa bulan silam. Saat itu video diberi keterangan bahwa kuda terbang di atas Gedung KPK. Bukan hanya itu, video yang sama memuat keterangan video diambil dari Gedung KPU.

Menariknya lagi, video dengan latar suara serupa juga ada. Dalam video itu muncul sosok misterius berbentuk seperti malaikat.

Video diunggah laman Facebook Riders di BLKRBuol King Rider's. Di video terdengar latar suara sama dalam Bahasa Indonesia.

"Allahuakbar...Allah hadir...Allah hadir, Allah hadir. Allahuakbar...Semakin jelas, semakin jelas, Allahuakbar," demikian suara yang terdengar menyertai video itu.

Atap Beterbangan Disapu Angin Kencang Di Tawangmangu, Simak Videonya!

Rekayasa video semacam ini memang memungkinkan. Di desktop, aplikasi After Effect menyediakan fasilitas editing yang memungkinkan video direkayasa sedemikian rupa. Bahkan beberapa aplikasi editing video di smartphone sudah menyediakan rekayasa yang lebih praktis.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten