Tutup Iklan

Viral, Kritik Pedas Joko Anwar Soal Klaim Livi Zheng Ikut Seleksi Oscars

Joko Anwar mengkritik Livi Zheng yang membanggakan filmnya masuk seleksi Oscars. Kritikan itu dilontarkan dalam tayangan Q&A Metro TV, Minggu (1/9/2019).

Viral, Kritik Pedas Joko Anwar Soal Klaim Livi Zheng Ikut Seleksi Oscars

SOLOPOS.COM - Livi Zheng (Detik)

Solopos.com, SOLO – Sosok Livia Notohardjo atau yang lebih dikenal dengan nama Livi Zheng ramai dibicarakan netizen. Dia menuai kontroversi setelah filmnya bertajuk Bali: Beast of Paradise dan Brush with Danger berhasil ikut seleksi nominasi Piala Oscars 2015 dan 2018. Hal itu pun menyulut kritikan sutradara Joko Anwar.

Livi Zheng menjelaskan awal mula filmnya ikut selsksi nominasi Piala Oscars lewat tayangan Q&A Metro TV bertema Belaga Hollywood yang tayang, Minggu (1/9/2019). Livi Zheng mengatakan, filmnya bersaing dengan berbagai karya sineas lain di dunia.

“Semua film ada kesempatan ikut seleksi nominasi Oscars dan tidak dipungut biaya. Ada beberapa kriterianya,” terang Livi Zheng.

Klaim Livi Zheng dibantah oleh sutradara kondang, Joko Anwar. Sutradara film Indonesia Pengabdi Setan itu mematahkan argumen Livi Zheng yang bangga atas filmnya masuk seleksi nominasi Oscars. Menurutnya, tidak ada film yang masuk seleksi nominasi Oscars.

“Saya enggak pernah denger namanya tembus masuk seleksi Oscars. Itu enggak ada sebenarnya. Yang adalah in contention artinya eligible. Eligible artinya berhak ikut serta Oscars. Eligible artinya memenuhi syarat administrasi, bukan syarat kualitas,” terang Joko Anwar.

Tak terima dengan argumen Joko Anwar, Livi Zheng pun kembali menjelaskan filmnya yang dinilai cukup bagus. “Film saya sudah disaring dari ribuan menjadi ratusan [oleh panitia Oscars]. Saya enggak pernah bilang film saya masuk nominasi Oscars loh,” tegas Livi Zheng.

Meski demikian, Joko Anwar tetap menilai eligible untuk Oscars bukan suatu pencapaian. Bagi Joko Anwar, semua film bahkan dengan kualitas buruk sekalipun berhak ikut seleksi Oscars jika memenuhi syarat administrasi.

Namun, Livi Zheng bersikukuh film yang berhak ikut seleksi Oscars adalah film yang luar biasa. Sebab, film tersebut harus ditayangkan di bioskop komersial Los Angeles, Amerika Serikat, selama tujuh hari berturut-turut. Menurutnya, tidak semua film bisa diputar di bioskop Amerika yang jadi salah satu syarat in contention Oscars.

"In contention itu kan artinya bersaing untuk ajang Oscars dan itu enggak semua film. Untuk masuk bioskop Amerika saja itu enggak gampang. Dan di Amerika itu saingannya bukan hanya di Amerika saja, tapi seluruh dunia," tutur Livi Zheng.

Dalam acara tersebut, wanita kelahiran Blitar, Jawa Timur, 3 April 1989 itu merasa telah menjadi sutradara yang cukup hebat. Beberapa filmnya telah tayang di Amerika Serikat. Dia juga mengambil kuliah magister jurusan cinematics arts di Universitas Carolina Selatan, Amerika Serikat.

Berita Terkait

Berita Terkini

Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Meskipun ibu kota negara terletak di pesisir Kalimantan, tetapi batu-batuannya merupakan batuan tua.

Habis Lebaran, Siaga Covid-19 Klaster Keluarga

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penularan Covid-19 klaster keluarga setelah Lebaran.

Jangan Mendadak "Bagong"

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis, 6 Mei 2021. Esai ini karya Agung S.S. Raharjo, Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Badan Ketahanan Pangan Kementeria Pertanian.

Sandara Park Resmi Hengkang dari YG Entertainment

Pada Mei 2009, Sandara Park, dengan nama panggung Dara, memulai debutnya bersama 2NE1.

Sempat Dilanda Kebakaran, Kelenteng Sam Poo Kong Tetap Buka

Wisata Sam Poo Kong tetap buka. Bagi wisatawan yang mau berkunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

4 Jam Galang Dana Untuk Palestina, Sukarelawan Muhammadiyah Sragen Himpun Rp51,7 Juta

Sukarelawan Muhammadiyah Sragen berhasil mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan lebih dari Rp51 juta yang akan dikirim ke Palestina.

Roro Mendut, Kisah Romansa Legendaris dari Pesisir Utara Jawa

Kota pesisir pantura, Pati, memang memiliki beragam kisah legenda dan mitologi, salah satunya adalah Roro Mendut.

Tak Boleh di Rumah, Warga Solo Positif Covid-19 Wajib Karantina di Asrama Haji Donohudan

Mulai Senin (17/5/2021) warga Solo yang positif Covid-19 dilarang karantina mandiri di rumah, tetapi wajib ke Asrama Haji Donohudan.

129 ASN Sragen Absen Kerja di Hari Pertama Masuk Setelah Lebaran 2021

Sebanyak 129 ASN di lingkungan Pemkab Sragen absen pada hari pertama masuk kerja setelah Lebaran 2021 karena izin dan cuti.

650 Personel TNI AU Disuntik Vaksin Astrazeneca Di RSAU Solo, Ada Efeknya?

RSAU Solo di Colomadu, Karanganyar, sudah menyuntikkan 1.300 dosis vaksin Covid-19 dari Astrazeneca kepada 650 personel TNI AU.

KUA Pondok Gede Tanggapi Isu Rencana Pernikahan Ayus dan Nissa Sabyan

Sebagaimana diketahui KUA Pondok Gede merupakan daerah domisili Nissa Sabyan.

Dies Natalis ke-21, FISKOM UKSW Bantu Mahasiswa NTT

Pandemi Covid-19 yang terjadi telah mendorong FISKOM UKSW Salatiga melakukan berbagai adaptasi.