SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Siapa yang menyangka ternyata beberapa kosa kata dalam bahasa Portugal hampir mirip pengucapannya dalam bahasa Indonesia. Hal itu terungkap dalam suatu program salah satu radio di Australia, SBS Radio.

Melalui video yang diunggah di akun Twitter milik radio tersebut, @SBSRadio, 29 Agustus 2019 lalu, ada native speaker Portugal, Jason Mathias, dan native speaker Indonesia, Tia Ardha. Berdasarkan beberapa kata dalam bahasa Inggris yang ditunjukkan, kedua orang beda bahasa itu menyebutkan kata dalam bahasa mereka masing-masing namun pengucapannya hampir mirip.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti saat diminta menunjukkan arti kata cheese dalam bahasa Portugal dan bahasa Indonesia, Jason dan Tia sama menyebut kata keju. Namun dalam bahasa Portugal, penulisannya menjadi queijo.

Ekspedisi Mudik 2024

Bukan hanya itu, masih ada beberapa kosa kata lain antara bahasa Indonesia dan bahasa Portugal yang hampir mirip, seperti bendera, sepatu, garpu, dan meja. Kedua native speaker beda bahasa itu pun terkejut mengetahui kesamaan tersebut.

“Saya tak menyangka bahasa Indonesia sama dengan bahasa Portugal,” ujar Jason yang langsung mendapatkan respons serupa dari Tia.

Tak pelak video perbincangan di SBS Radio itu viral di kalangan warganet Indonesia. Sampai-sampai ada yang melebih-lebihkan bahwa orang Indonesia ternyata bersaudara dekat dengan sang mega bintang sepak bola asal Portugal, Cristano Ronaldo. “Seketika saya merasa bersaudara dengan Cristiano Ronaldo,” tulis pengguna akun Twitter @alwaysra.

“Ya memang. Portugis dan Belanda banyak diserap bahasanya sama kita,” imbuh pengguna akun Twitter @kecoaaa_.

Meski cukup mengejutkan bagi sebagian orang, kesamaan kosa kata seperti yang ditunjukkan pada video viral itu tampaknya memang wajar. Berdasarkan data yang terdapat di laman Wikipedia, Portugal memang pernah menguasai beberapa daerah di Nusantara pada abad ke-16 sehingga ada kemungkinan beberapa orang di Nusantara menyerap beberapa kata dari bahasa Portugal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya