SOLOPOS.COM - Patung Gajah Mungkur di Gresik. (Detik.com)

Solopos.com, GRESIK — Patung gajah berbentuk aneh, tak lazim, lucu, dan menggelikan berdiri di Perlimaan Sukorame, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim). Patung tersebut menjadi viral karena bentuknya yang membingungkan.

Dipakai Angkut 3 Ekor Sapi Curian, Honda Odyssey Ambles

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Namun, siapa yang menyangka patung bernama Gajah Mungkur tersebut menghabiskan dana mencapai Rp1 miliar? Ya, dana sebesar itu berasal Corporate Social Responsibility (CSR) PT Petrokimia Gresik.

Ekspedisi Mudik 2024

"Rp 1 Miliar," ujar Manajer Humas PT Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan kepada Detik.com, Senin (10/10/2020).

Ihwan mengatakan pihaknya menyerahkan urusan pembangunan patung Gajah Mungkur itu kepada Pemkab Gresik. "Kami diminta oleh Pemkab Gresik. Desain dan semuanya dari pemda [Pemkab Gresik]," kata Ihwan.

Sandiaga Uno: Keuntungan Perusahaan Saya Kalah Dari Gaji Youtuber

Ihwan mengaku tidak tahu banyak tentang desain patung gajah yang aneh. Ihwan hanya tahu bahwa patung Gajah Mungkur itu menjadi viral. "Memang itu rancangan dari pemda, dua [patung gajah] itu," lanjut Ihwan.

Hadiah Buat Para Nomine Oscars 2020: Paket Liburan Hingga Kutang Pintar

Ihwan mengatakan bentuk patung tersebut abstrak, mempunyai gaya, dan penyajian baru. Menurut Ihwan, justru banyak netizen yang memuji meski patung gajah itu berbentuk aneh.

"Netizen banyak yang memuji. Memang gaya baru, penyajian baru. Mungkin kita jarang liat yang seperti itu. Tapi kalau kita lihat di internet, banyak yang abtsrak kayak gitu. Mungkin pemda punya pertimbangan lain dengan bentuk itu," kata Ihwan.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Gresik enggan menanggapi soal proyek tersebut. "Panjenengan [Anda] ke asisten II, bukan saya yang ngurusi," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Gresik Gunawan Setiaji.

Sedangkan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Gresik Ida Lailatus Sa'diyah belum bisa dimintai konfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya