Viral Kamar Berdekorasi Koran, Modalnya Cuma Rp4.000
Ghalih Rizky Prayoga, 18, warga Desa Menden, Kecamatan Kebonarum berfoto di kamarnya yang didekorasi menggunakan koran bekas, Minggu (31/5/2020). (Espos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN - Ghalih Rizky Prayoga, 18, tak menyangka dekorasi kamarnya viral di media sosial. Kamar berdekorasi koran koran bekas hasil karyanya itu ramai komentar setelah ia unggah di akun Twitter miliknya.

Kamar Ghalih sendiri berukuran 3 meter x 3 meter. Dia mengaku dekorasi kamar itu dilakukan untuk memenuhi tugas dari salah satu lembaga pelatihan kerja (LPK) tempat dia menimba ilmu selama beberapa pekan terakhir selepas lulus dari jurusan mesin SMK Negeri Jawa Tengah di Purbalingga.

Ghalih memperoleh setumpuk koran Solopos bekas dari tetangganya secara gratis. "Ada tetangga yang langganan koran. Saya diberi gratis setelah saya sampaikan digunakan untuk membuat tugas," kata Ghalih.

Sembuh dari Covid-19, Warga Wonogiri Meninggal Karena TBC

Selotip bolak-balik seharga Rp4.000 untuk menempelkan koran menjadi satu-satunya barang yang dia beli. Sementara, untuk memotong selotip dan koran Ghalih memanfaatkan gunting di rumahnya. Untuk membuat kamar berdekorasi koran itu, Ghalih butuh waktu sekitar tujuh jam pada Jumat (29/5/2020) dimulai pukul 10.00 WIB.

"Saya kerjakan sendiri. Selesai sekitar pukul 17.00 WIB. Saat pemasangan itu ada yang lepas karena cat tembok mengelupas. Jadi harus dibersihkan dulu cat-cat yang mengelupas," kata Ghalih.

Saat proses pengerjaan, Ghalih berusaha merapikan halaman koran agar seragam di masing-masing sisi tembok. Halaman berwarna dia usahakan tempatkan pada sisi tembok yang sama. Namun, bungsu dari tiga bersaudara itu tak kepikiran untuk melihat atau membaca isi satu per satu halaman koran sebelum dia pasang.

Tega Banget! Ini Isi Teror ke Tenaga Kesehatan di Sragen yang Tangani Covid-19

Hingga akhirnya tiga sisi tembok sudah dipenuhi koran bekas lengkap dengan menata kamar tidur serta meja, kursi, dan dua almari plastik. Sementara, satu sisi belum dipenuhi koran lantaran dia kehabisan bahan.

Diunggah ke Twitter

Ghalih lantas mengunggah hasil dekorasi kamarnya ke akun twitter pribadi bernama @ghalihprayoga_. "Gagal aesthetic anjir. Malah kayak kos-kosan 100k/bulan," tulisnya sebagai keterangan foto.

Unggahan itu ramai ditanggapi netizen. Komentar tak hanya disampaikan para follower-nya. Hingga Minggu siang, cuitan Ghalih itu mendapat 4.000an komentar, di-retweet sebanyak 20.000 kali, dan mendapat 56.000 like.

"Tidak menyangka ternyata tanggapannya seperti itu. Akun saya itu akun kecil. Biasanya hanya ada sekitar 15 komentar dan ada yang like delapan," kata Ghalih.

Kandang Kebakaran, Ribuan Ekor Ayam di Grobogan Gosong Terpanggang

Ghalih mengatakan niatan mengunggah dekorasi kamarnya untuk mendapatkan saran dari follower-nya. Tujuannya agar dekorasi kamarnya yang bermodal koran bekas bisa lebih estetik. Namun, para netizen ramai-ramai mengomentari cuitannya.

Meskipun ada yang menilai dekorasi kamarnya menggunakan koran bekas kurang rapi, Ghalih tetap berniat merampungkan dekorasi terutama pada satu sisi yang belum tertempel koran. "Tolong ya, kalau misalnya ada saran-saran lagi agar kamarnya lebih estetik bisa ditambahkan di komentar," kata Ghalih.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho