SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Wahyu Sulistiyawan/JIBI/Bisnis Indonesia)

BNI memberikan klarifikasi adanya nasabah yang mengatakan saldonya terpotong.

Solopos.com, SOLO – Bank Negara Indonesia (BNI) mengklarifikasi terpotongnya saldo Rp1.000 di beberapa rekening nasabah. Bukan karena serangan peretas, BNI mengatakan hal itu karena ketidaksesuaian saat perseroan sedang mengatur biaya untuk produk tabungan baru, Tapenas Si Muda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Perusahaan BNI Kiryanto saat dihubungi Antara mengatakan BNI beberapa saat lalu sedang mengubah ketentuan (setting) parameter untuk tabungan Tapenas Si Muda, dengan biaya (fee) yang dikenakan sebesar Rp1.000.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, perubahan parameter biaya tersebut ternyata berdampak pada produk tabungan lain, di luar Tapenas Si Muda. Menurut Kiryanto, saat ini BNI sedang mengembalikan saldo Rp1.000 milik nasabah yang seharusnya tidak membayar biaya tersebut dalam produk Tapenas Si Muda.

“Saat ini sedang dilakukan proses reverse atau pengembalian terhadap rekening-rekening yang seharusnya tidak dibebani biaya sebesar Rp1.000,” ujarnya, seperti diberitakan Antara.

Kiryanto belum menjelaskan jangka waktu proses pengembalian saldo tersebut. Namun, dia menjamin tidak akan ada kerugian finansial bagi nasabah akibat kejadian ini.

“Begitu juga untuk bank, nantinya tidak ada kerugian finansial baik dari sisi nasabah maupun bank,” ujarnya.

Kiryanto menegaskan tidak ada serangan peretasan terhadap sistem Teknologi dan Informasi BNI. Pemotongan saldo Rp1.000 tersebut kerana dampak dari upaya pengaturan sistem.

Sebelumnya, ramai kabar pemotongan saldo Rp1.000 di sejumlah rekening nasabah BNI bermula dari salah seorang nasabah yang menuliskan status di media sosial Facebook tentang berkurangnya saldo di rekening miliknya tanpa keterangan yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya