Viral Ikan di Karamba WGM Wonogiri Mati Akibat Puting Beliung, Cek Faktnya!
Gambar yang beredar di media sosial yang disebut terkait ikan di jala karamba apung atau Jakapung Waduk Gajah Mungkur (WGM) mati akibat puting beliung di perairan WGM, Rabu (21/1/2021). Kabar itu ternyata hoaks. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Kabar ikan mati di jala karamba apung atau Jakapung Waduk Gajah Mungkur Wonogiri akibat puting beliung di perairan WGM, Rabu (21/1/2021) sore, viral di media sosial. Berita itu dibantah oleh beberapa pihak.

"Hoaks itu. Yang tersebar di media sosial itu foto kematian ikan masal akibat upwelling [pembalikan massa air] pada saat pancaroba 2017," kata Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan dan Peternakan (Dislakpernak), Sutardi, kepada wartawan Kamis (21/1/2021).

Praperadilan Kasus Penembakan Mobil Bos Duniatex Solo: 2 Dari 5 Saksi Lukas Jayadi Ditolak Hakim

Ia mengatakan, setelah informasi iti viral di media sosial, pihaknya telah memerintahkan tim untuk mengecek ke lokasi jakapung. "Lokasi Jakapung aman, tidak ada ikan mati akibat puting beliung. Selain itu juga tidak ada laporan dari warga atau nelayan terkait ikan mati setelah terjadi puting beliung," kata Sutardi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, juga turut memastikan bahwa tidak ada korban jiwa atau kerugian materi yang diakibatkan dari puting beliung di perairan WGM.

"Puting beliung pada Rabu sore itu hanya menyapu di perairan kosong. Jadi tidak sampai ke kawasan karamba dan area perahu nelayan di WGM Wonogiri. Jadi itu gambar hoaks," kata dia, Kamis.

KontraS Sambut Baik Pencalonan Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Tapi Dengan Sejumlah Catatan

Bambang mengatakan, pada saat kejadian tidak terjadi fenomena hujan ikan saat. "Hewan itu instingnya sensitif. Jika akan terjadi bencana bisa menyelamatkan diri dulu. Contohnya, jika ada gunung yang akan meletus banyak hewan yang turun gunung," kata Bambang.

Viral di Medsos

Diberitakan sebelumnya, fenomena angin puting beliung muncul di area perairan WGM Wonogiri, tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, Rabu.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30 itu sempat menghebohkan warga di sekitar lokasi dan di media sosial. Kejadian itu berlangsung selama 15 menit. Beruntung tidak ada kejadian dan kerugian yang ditimbulkan.

Sri Sultan HB X Cabut Jabatan Dua Adiknya, Konflik Internal Keraton Yogyakarta Mencuat Lagi?



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom