SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, SOLO -- Beberapa hari yang lalu, Direktorat Siber Bareskrim menangkap seorang peretas asal Yogyakarta berinisial BBA. Hacker tersebut ditangkap karena telah meretas server perusahaan asal Amerika Serikat.

Ternyata, bukan kali ini saja Warga Nasional Indonesia (WNI) melakukan peretasan pada server-server di dunia. Bahkan, dari sepuluh peretas di bawah ini, ada yang mampu membobol server McD, MBA, dan McAfee. Berikut 10 peretas asal Indonesia terkenal di dunia, seperti yang telah tayang di kanal Youtube YtCrash, Minggu (16/07/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1.Xnuxer

Pemilik nama asli Firmansyah telah mampu membobol situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2004 lalu. Dia mengganti nama-nama partai politik (parpol) di portal KPU dengan nama buah-buahan. Setelah di interogasi oleh pihak kepolisian, ia beralasan hanya untuk melihat tingkat keamanan dari portal KPU tersebut. Karena dinilai kooperatif dalam pemeriksaan, Firmansyah hanya mendapat hukuman kurungan penjara beberapa bulan saja.

2. Kang Onno

Pria dengan background studi Teknik Elektro ini memiliki nama asli Onno W Purbo. Dia sering mengisi seminar, hadir di konferensi nasional dan internasional, serta menulis artikel tentang teknologi informasi (IT).

3. 4prili666h05T

Peretas dengan nama 4prili666h05T hingga saat ini belum diketahui identitas aslinya. Dia merupakan pendiri dari Phantomhost yang sering melakukan peretasan server pemerintah untuk menyuarakan tuntutan dari masyarakat.

Dia memiliki pengalaman meretas server McD, MBA, McAfee dan juga membobol 2.000 portal berbasis di Israel pada 2014. Tak hanya itu, ia juga bekerja sama dengan hacker #Anonsec mampu menyebarkan data rahasia FBI ke publik.

4. E5a_Cyb3r

Peretas dengan nama asli Erza Julian ini disebut sebagai hacker paling muda yang mampu membobol portal KPU. Anehnya, ia menampilkan identitas aslinya saat melakukan peretasan pada website KPU tersebut. Erza saat ini tergabung sebagai anggota hacker terkenal Tanah Air, yakni Manusia Biasa Team.

5. XsvsHacker

Hacker yang belum diketahui identitasnya ini pernah meretas server NYPD pada 2011, kemudian server game Synga, dan situs kepresidenan Israel. Dari 2011 hingga sekarang, peretas ini terus dicari oleh FBI.

Namun, menurut forum bawah tanah, identitas asli XsvsHacker adalah Sandy Afrian. Tetapi, benar tidaknya identitas asli tersebut masih belum diketahui hingga sekarang.

6. Pak Made

Ia adalah siber Paspampres handal. Pemilik nama asli I Made Wiryana bertugas untuk melakukan pengelolaan situs dan server kepresidenan di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Alumni Universitas Indonesia (UI) ini pernah melakukan backup data kepresidenan hanya dengan beberapa detik saja yang sebelumnya diserang oleh DDos. Made bersama rekannya Rusmanto merupakan pelopor penggunaan Linux di Indonesia.

7. Mr. Dick

Peretas yang tidak diketahui identitasnya ini, dikenal handal karena mampu meretas puluhan atau ribuan server dalam waktu singkat. Pria asal Kalimantan ini kabarnya bekerja sama dengan Microsoft dan Google.

8. Hmei7

Hmei7 pernah mengacak-acak situs WordPress pada 2001. Ia dijuluki sebagai Master of Mass Defacer karena mampu mempertahankan 500 situs dalam 2 hari saja. Sebagai informasi, IBM merupakan situs pertama yang mampu ia lumpuhkan.

9. Jim Geovedi

Pemerhati IT yang sekarang tinggal di luar negeri ini, tak mau disebut sebagai peretas, padahal ia mampu mempraktikkan untuk menggeser dan mengubah orbit luar angkasa.

10. Bio666x

Peretas berumur 19 tahun ini mampu mematikan jaringan internet Malaysia dan Singapura. Akibatnya, data militer dua negara tersebut menjadi korban. Peretas Bio666x memiliki nama asli Yogi Nugraha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya