SOLOPOS.COM - Bocah SD berhamburan saat Gunung Sinabung meletus (Instagram)

Video amatir saat bocah-bocah SD berlarian akibat erupsi Gunung Sinabung viral di media sosial.

Solopos.com, KARO – Momen-momen histeris bocah-bocah SD saat Gunug Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi, Senin (19/2/2018), viral di media sosial (medsos). Tangisan bocah-bocah SD mengundang komentar haru dari warganet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Video tersebut diunggah di akun Instagram @negeriakhirat, Selasa (20/2/2018). Dalam video tersebut tampak murid-murid SD berhamburan keluar sekolah. Di ujung jauh video tersebut tampak kepulan asap membumbung tinggi. Bocah-bocah SD ada yang menonton erupsi Gunung Sinabung itu, ada yang  lari menjauh seraya menangis.

Seperti diberitakan Solopos.com, Senin, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan ada letusan besar di Gunung Sinabung pada Senin pagi pukul 08.53 WIB. Tinggi kolom abu vulkanik mencapai 5.000 meter dengan tekanan kuat dan warna kelabu kegelapan.

Sutopo menjalaskan lama gempa letusan 607 detik. Letusan disertai dengan luncuran awan panas sejauh 4.900 meter ke arah Selatan-Tenggara dan 3.500 meter ke arah Tenggara Timur, sementara angin bertiup ke arah Barat-Selatan.

Video ekspresi ketakutan bocah SD melihat letusan Gunung Sinabung itu mengundang komentar hari dari warganet. “Astaghfirullah, sedih lihatnya,” tulis @dede.komalasari.

“Merinding melihat ibu-ibu boncengan sama suaminya memanggil-manggil Diana, sedih. Semoga tidak terjadi apa-apa,” tulis @hellobete.

Allahuakbar, semoga penduduk di daerah Gunung Sinabung dalam keadaan baik-baik saja,” tulis @elhaeszhijab.

“Semoga warga sekitar dievakuasi ke tempat yang jauh dan aman,” tulis @qq.naya.

Turut berduka atas musibah meletusnya gunung Sinabung, moga saudara” kami di sana selalu diberi keselamatan dan ketabahan, amin.. #PrayForSinabung ????? . ———– Suasana histeris di salah satu SD pasca Gunung Sinabung meletus 19/0218 terlihat kepulan abu menyembur begitu dekat dengan sangat dahsyat, gumpalan abu tebal tampak melambung tinggi akibat letusan Gunung Sinabung. . . Tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5000 meter disertai suara gemuruh dan awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejauh 3500 meter, dan ke arah selatan sejauh 4900 meter. . . Selain itu Sutopo mengatakan bahwa tidak ada warga di sekitar area letusan. Namun letusan ini menaikkan status VONA Gunung Sinabung menjadi RED. Sebelumnya Gunung Sinabung meletus dan meluncurkan awan panas sejauh 4,6 kilometer pada 27 Desember 2017 kemarin. . Sekali lagi, mari kita berdo’a agar saudara kita disana ditabahkan & Gunung Sinabung tidak meletus lagi, karena diperkirakan kemungkinan Sinabung masih akan meletus. . ?Location: Kawasan Gunung Sinabung, Sumatera Utara, Indonesia . . . . Sumber: @indoflashlight . . #sinabung #sinabuneletus #indonesia

A post shared by Quotes, Ayat, Hadits (@negeriakhirat) on

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya