SOLOPOS.COM - Postingan driver ojol ngemut payudara penumpang. (Istimewa/Instagram/jelajahsolo)

Solopos.com, SOLO -- Media sosial dihebohkan dengan beredarnya berita seorang driver ojek online atau ojol kehilangan sepeda motor usai berbuat mesum dengan cara ngemut payudara penumpangnya. Kabar ini diunggah situs Akurat.co dan beredar lewat sejumlah akun media sosial.

Salah satu yang cukup populer adalah unggahan akun Instagram @jelajahsolo. Akun ini mengunggah tangkapan layar berita berjudul Driver Ojol di Surabaya Kehilangan Motor Usai Ngemut Payudara Penumpang. Gambar yang diunggah 12 Agustus 2020 adalah tangkapan layar berita yang diunggah Akurat.co pada 5 Agustus 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akun @jelajahsolo lantas menulis caption panjang dari bodi teks berita yang diunggah Akurat.co. @jelajahsolo juga menyertakan tautan berita di akhir caption.

Pada uraiannya diceritakan nasib apes dialami seorang pengemudi ojol berinisial SW. Ia baru kehilangan motornya lantaran jadi korban bius usai mengemut payudara seorang wanita.

SW yang sedang menantikan seorang pelanggan di salah satu mall beken di Surabaya dihampiri oleh seorang wanita seksi. Kepada SW, wanita itu meminta untuk diantar ke Bandara Juanda.

Meski tanpa memesan melalui aplikasi, SW menyanggupinya. Di tengah jalan perempuan itu meminta untuk berhenti. Singkat cerita, SW ditawari berbuat mesum dan lantas baru disadari SW dibius. Wanita itu mengoleskan obat bius di sekitar payudara yang membuat SW tak sadarkan diri hingga akhirnya kendaraan SW digondol.

Cerita ini lantas menjadi viral dan dengan cepat menyebar di kalangan netizen. Meski begitu, tak jelas di mana kejadian ini berlangsung.

Cek Fakta

Dari hasil penelusuran Tim Cek Fakta Solopos.com, Rabu (12/8/2020), artikel situs Driver Ojol di Surabaya Kehilangan Motor Usai Ngemut Payudara Penumpan di Akurat.co sudah tak bisa lagi diakses. Saat di klik, link tersebut mengarah ke laman error.

Laman Akurat.co tak bisa diakses. (Istimewa)
Laman Akurat.co tak bisa diakses. (Istimewa)

Situs Akurat.co tidak menerangkan apa yang terjadi pada laman artikel tersebut sehingga tak bisa diakses. Sedangkan saat diperiksa, artikel lain di situs Akurat.co tak mengalami gangguan akses sebagaimana halaman yang dimaksud.

Terlepas dari situs yang tak bisa diakses, muatan artikel Driver Ojol di Surabaya Kehilangan Motor Usai Ngemut Payudara Penumpang juga tak lengkap. Artikel ini tak memuat secara spesifik tempat kejadian. Selain itu, pihak aparat yang diwawancarai juga tak diungkap identitasnya. Akurat.co hanya menulis "pihak kepolisian setempat."

Selain itu, Akurat.co tak mengurai bagaimana informasi ini didapat. Tak disebutkan apakah informasi ini didapat dari wawancara langsung atau mengutip sumber media lain.

Cerita di Pos Kota

Jika dilihat dari alur penulisan dan pengambilan judul, artikel ini identik dengan terbitan Pos Kota puluhan tahun silam. Pos Kota sempat memuat artikel berjudul Kenyot Payudara Penumpang Pengojek Kehilangan Motor. Artikel ini memuat kisah Sar, 35, seorang pengojek konvensional dari Indramayu.

Berbeda dari artikel Akurat.co, terbitan Pos Kota memuat tempat kejadian yang lebih jelas. Meski begitu, Pos Kota tak menyertakan wawancara dengan otoritas terkait.

Post Kota dikenal sebagai media jurnalisme kuning atau "Koran Kuning". Jurnalisme kuning adalah jenis jurnalisme dengan judul-judul berita yang bombastis, tetapi setelah dibaca isinya tidak substansial. Jurnalisme kuning adalah jurnalisme pemburukan makna.

Saat artikel Kenyot Payudara Penumpang Pengojek Kehilangan Motor beredar, banyak kalangan yang menyebutnya sebagai anekdot atau cerita singkat yang lucu. Namun, hingga kini belum ada yang mengulas secara spesifik tentang kebenaran berita tersebut.

Kliping Pos Kota. (Istimewa)
Kliping Pos Kota. (Istimewa/Indozone)

Sedangkan berita Driver Ojol di Surabaya Kehilangan Motor Usai Ngemut Payudara Penumpang yang diterbitkan Akurat.co tak dimuat media jurnalistik lain. Saat ditelusuri tim Cek Fakta Solopos.com tidak ditemukan media arus utama yang memuat kisah serupa. Media-media di Jawa Timur dan Surabaya juga tak mengangkat kisah ini.

Sejumlah blog menyalin cerita ini dan mengunggah dengan judul yang serupa. Sedangkan, salah satu media yang mengulas adalah Indozone dengan ulasan Cek Fakta. Indozone juga membandingkan kisah yang ditulis Akurat.co dengan terbitan lawas Pos Kota.

Kesimpulan

Artikel Driver Ojol di Surabaya Kehilangan Motor Usai Ngemut Payudara Penumpang yang diterbitkan Akurat.co dan disalin @jelajahsolo memuat informasi yang tidak lengkap. Pihak-pihak yang diuraikan keterangannya dalam artikel itu juga tak dijelaskan secara akurat.

Postingan kabar driver ojol di Surabaya kehilangan motor gara-gara ngemut payudara penumpang adalah disinformasi. Cerita ini didaur ulang dari artikel di media lain dengan rekayasa cerita yang sedikit dibedakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya