Viral di Tiktok, "Jare Sopo Aku Gak Iso" Serukan Setop Body Shaming
Lagu “Pretty Real” dan dinyanyikan oleh beauty vlogger bersama rapper perempuan Tanah Air. (istimewa)

Solopos.com, SOLO – lagu dengan lirik bahasa Jawa “Jare Sopo Aku Gak Iso”, belakangan ini viral dan banyak digunakan pengguna Tiktok sebagai backsound dari konten beauty challenge. Tak hanya di Tiktok, banyak dari netizen yang membawa trend tersebut ke Instagram dengan menyertakan tagar #stopbodyshaming.

Lagu ini, sebenarnya berjudul asli “Pretty Real” dan dinyanyikan oleh beauty vlogger bersama rapper perempuan Tanah Air. Sejumlah beauty vlogger Indonesia seperti, Nanda Arsyinta, Titan Tyra, Cindercella, hingga Minyo berkolaborasi dengan rapper Ramengvrl menyuarakan isu body shaming, permberdayaan perempuan hingga pengalaman pribadi masing-masing dalam lagu ini.

Lagu Pretty Real sendiri telah dirilis pada  2018 lalu, dalam rangka perhelatan YouTube FanFest (YTFF) 2018. Kemudian, video klip lagu ini juga telah diunggah di kanal YouTube Indobeautyvlogger pada 7 Oktober 2018.

Lirik lagu ini juga ditemukan beberapa bahasa mulai Inggris, Jawa, Indonesia, Jepang, hingga Sunda. Namun, pada bagian lagu yang dinyanyikan Cinderella dengan lirik bahasa jawa dengan aksen yang medoknya, banyak pengguna menggunakannya hingga menjadi viral di Tiktok.

Sering Salah Kaprah, Ini Makna Sebenarnya Lagu No Woman No Cry Bob Marley

Alasan Lirik Bahasa Jawa

Melansir dari detik.com, Selasa (22/9/2020), Cindercella saat diwawancara oleh Wolipop Detik, inspirasi lagunya berasal dari teman-teman beauty community dan mengambil tema seperti selflove yang menyatakan bahwa beauty vloger juga manusia. Sedangkan lirik yang dinyanyikannya sebenarnya karya Devina Aurel, beauty vloggers yang juga membantunya menulis lirik berbahasa Jawa dan mengangkat isu tentang body shaming tersebut.

Menurutnya, isu tentang body shaming sangat penting untuk dibahas, karena isu itu cukup serius dan  dialami banyak orang. Sementara itu, terkait pemilihan bahasa Jawa yang digunakan dalam rap,  Cindercella memiliki pertimbangan sendiri.

Dalam wawancara tersebut, ia juga menceritakan awalnya bergabung dalam lagu ini karena diajak oleh Minyo. Semula Cindercella merasa tak bisa ngerap. Dia membayangkan saat rap memakai bahasa Inggris akan merasa seperti sok-sokan.  Akhirnya, ia memilih menggunakan bahasa Jawa.

"Karena lucu dan akan membuat orang tertawa juga," ujar beauty vlogger yang memiliki 913.000 pengikut Instagram tersebut seperti dilansir detikcom.

Sebenarnya, Cindercella tidak pernah menyangka bahwa lagu yang dinyanyikannya itu kini viral lagi. Sebab, lagu tersebut sudah dirilis sejak dua tahun yang lalu. Tetapi dia mengaku senang karena pesan yang ingin disampaikan dalam lagu itu bisa semakin banyak didengar oleh orang lain.

Running Man Episode 521: Kwang Soo Pakai Rok Mini, Se Chan Ungkap Alasan Takut Pilih Ji Hyo

Komentar Netizen

Beberapa netizen ikut mewarnai kolom komentar di akun Instagram Cindercella, mulai dari beauty vlogger, Tasya Farasya hingga netizen yang lainnya.

“Jyujyur ku cintaa rap nyaaa .. fix mau bikin video pake lagu ini wkwkkw” komentar Tasya Farasya.

"Paraaaahhhh suka banget lagunyaaaaa titikkk!!!!! No Debat! I Love You," komentar salah seorang netizen.

"Inget waktu pertama kali rilis lagu ini sekelas pada ikut ikutan nyanyi pas rapnya kak Cindercella," komentar netizen lainnya.

Dalam unggahannya, Kamis (17/9/2020), Cinderella juga mengucapkan rasa terimakasihnya dan berharap agar setiap orang mulai berdamai dengan physical appearance. Tak lupa, ia juga mengatakan untuk mencintai dan berterimakasih pada diri sendiri.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom