CV bertema berita duka cita (Twitter/HIPradana)

Solopos.com, JAKARTA -- Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup menjadi komponen yang utama saat melamar pekerjaan. Hal ini karena CV akan menjadi "wajah" yang mewakili pelamar pada perusahaan yang dilamarnya.

Maka dari itu, diperlukan CV kreatif yang menampilkan informasi tentang Anda agar bisa menarik perusahaan untuk merekrut Anda di kemudian hari.

Tega! Diduga Balas Dendam, Pemuda Ini Tendang Orang Tua

Sebuah CV dikemas dalam bentuk kreatif menjadi viral karena menggunakan tema duka cita sebagai tampilan. CV ini tertulis atas nama Harits Indi Pradana dan kali pertama diunggah di akun Twitter @HIPradana, Rabu (20/11/2019). CV ini kemudian viral dan telah dibagikan ulang oleh 16.000 netizen dan mendapat 32.000 like.

"Ini CV gue zaman dulu lulus kuliah yang sukses menghantarkan saya masuk ke dunia kerja," tulis pengguna akun @HIPradana.

Dituding Menistakan Agama, Atta Halilintar: No Comment!

CV yang Harits memang berbeda dari CV pada umumnya. Dia mengakui menggunakan tema berita duka cita untuk CV yang telah mengantarkannya bekerja di salah satu mal di Jakarta.

"Aku bikin CV itu pas di semester enam atau tujuh gitu. Di saat itu, beberapa teman sudah mulai kerja, ya sudah aku bikin CV untuk persiapan dokumen kerja. Aku pergi ke perpustakaan buat cari inspirasi. Ternyata, pas mau buka komputer, internetnya lagi down, ya sudah daripada gabut, akhirnya baca koran saja. Nah, ketemulah dengan berita duka cita itu. Terilhami deh," ungkapnya yang dikutip Okezone.com, Kamis (21/11/2019).

Penemuan Anak Buaya di Sragen Bikin Geger, Warga Diminta Waspada

Setelah mendapat ilham tersebut, dia membuat desain dan kalimat yang sesuai untuk CV itu. Bahkan, dia hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyelesaikan pembuatan CV viral tersebut.

Meski demikian, dia mengaku tidak bisa menggunakan semua kata di berita duka cita untuk CV. Dia harus mengolah kembali kata-kata tersebut agar menarik. Berbekal CV tersebut, dia mengaku semakin percaya diri melamar ke berbagai perusahaan.

Hore! Pengangguran Segera Digaji Negara

"Ya, walaupun beberapa kalimat menegaskan betul itu berita duka cita, tapi aku sih melihatnya, tidak ada hal penting yang akhirnya aku lewati di CV ini. Makanya, aku juga pede ngasih CV ini ke perusahaan," tambahnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten