SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bisnis.com, JAKARTA–Baru-baru ini sebuah tangkapan layar yang beredar di jejaring whatsapp menunjukkan laman China Airlines yang sudah menjual tiket penerbangan Jakarta-Makassar. Hal itu memancing pertanyaan, benarkah maskapai asing sudah masuk ke pasar domestik secara diam-diam?

Jika dilihat sekilas, berdasarkan situs resmi China Airlines di https://book.china-airlines.com/, memang terlihat penawaran tiket penerbangan untuk rute domestik. Namun, jika dicermati lagi terdapat tulisan kecil yang memuat keterangan bahwa rute tersebut dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jadi bisa dikatakan bahwa rute tersebut tidak sepenuhnya dioperasikan maskapai asing. Ada bentuk kerja sama yang dilakukan dengan maskapai nasional.

Ekspedisi Mudik 2024

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan dalam dunia penerbangan, hal tersebut dinamakan codeshare. Artinya, suatu bentuk kerja sama yang dilakukan dua maskapai untuk berbagi rute penerbangan internasional yang sama.

Tangkapan layat rute Jakarta – Makassar yang dihebohkan di media sosial sebagai layanan maskapai China di Indonesia

“Dalam kasus itu, rute lengkapnya adalah Taipei-Makassar. Jadi, Taipei ke Jakarta dioperasikan China Airlines, sedangkan Jakarta-Makassar oleh kami,” kata Ikhsan, Kamis (13/6/2019).

Penumpang Taipei yang akan menuju Makassar membeli tiket pesawat melalui China Airlines. Tiket juga diterbitkan oleh maskapai yang sama.

Pesawat dari Taipei, yang dioperasikan China Airlines, akan transit di Jakarta sebelum menuju Makassar. Selanjutnya, penumpang tersebut “dititipkan” ke Garuda Indonesia untuk diangkut menuju Makassar.

“Nanti, biaya operasional dari Jakarta ke Makassar akan kami tagihkan ke China Airlines, sesuai standar harga kami,” ujar Ikhsan.

Ikhsan menjelaskan kerja sama codeshare memang diperlukan maskapai untuk memenuhi kebutuhan penumpangnya menjangkau destinasi tertentu yang tidak bisa dilayani. Ketidakmampuan maskapai menerbangi rute tersebut bisa disebabkan restriksi yang dilakukan pemerintah setempat.

Jadi bisa dibilang, China Airlines sama sekali belum menjual tiketnya untuk rute domestik di Indonesia. Garuda juga melakukan hal yang sama untuk menjangkau rute negara lain dengan maskapai setempat salah satunya Japan Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya