SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video adu banteng minibus Toyota Avanza dengan bus BST di jalur contraflow Jl Slamet Riyadi, Solo, Sabtu 917/4/2021). (Instagram @energisolo)

Solopos.com, SOLO -- Satlantas Polresta Solo memeriksa pengemudi Avanza dan bus BST yang terlibat adu banteng di jalur contra flow Jl Slamet Riyadi dan menjadi viral di media sosial pada Sabtu (17/4/2021).

Polisi memberi sanksi tilang kepada pengemudi Toyota Avanza karena melanggar jalur khusus bus Batik Solo Trans (BST). Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, mengatakan seluruh pihak yang terlibat dalam video itu telah memenuhi panggilan ke Mako Satlantas Polresta Solo, Selasa (19/4/2021) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, pihak-pihak yang dipanggil yakni pengemudi Avanza berinisal TGT, 56, warga Solo, pengemudi BST berinisial TM, 37, dan rekannya S, 36.

Baca Juga: Viral Avanza Adu Banteng Dengan Bus BST Solo Gara-Gara Terobos Jalur Contraflow

Ia menjelaskan kronologi adu banteng Avanza dan BST itu berawal saat Toyota Avanza berpelat nomor AD 1961 MA itu melaju di Jl Slamet Riyadi sebelah barat Simpang Empat Nonongan, Solo.

“Avanza melaju dari barat ke timur melawan arus di jalur khusus BST. Lalu karena lampu APILL menyala merah mobil berhenti. Belum sempat melaju saat lampu hijau, dari arah berlawanan bus BST melaju. Akhirnya Avanza mundur agar BST melaju,” paparnya mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan, Selasa (19/4/2021) sore.

Sanksi Tilang

Ia menambahkan video viral yang beredar diambil kru bus BST. Seusai pemeriksaan pengemudi Avanza dikenai sanksi tilang. Ia mengakui masih banyak kendaraan masuk ke jalur contra flow BST.

Baca juga: Polisi Kantongi Identitas Pengemudi Avanza Adu Banteng Dengan BST Solo, Langsung Dipanggil

Hal itu dikarenakan pengendara tidak sabar menunggu lampu APILL. Anggota kepolisian berulang kali menilang pengemudi yang melanggar jalur contra flow.

“Sudah sering terjadi namun yang viral jarang. Paling banyak kendaraan roda empat. Rambu-rambu sudah banyak, masyarakat wajib mematuhi aturan itu,” paparnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Solo Mulai Merangkak Naik Lur, Prokes Jangan Kendur!

Sebelumnya, mobil Toyota Avanza terlibat adu banteng dengan Bus BST Koridor 1 di Jl Slamet Riyadi, Solo, Sabtu (17/4/2021). Video adu banteng dua kendraaan itu pun viral di media sosial Kota Solo.

Dalam postingan akun Instagram @energisolo, video berdurasi 30 detik itu menunjukkan mobil Avanza dari arah barat berada tepat di depan BST dari arah timur. Toyota Avanza berpelat AD 1961 MA itu kemudian mundur perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya