SOLOPOS.COM - Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang Endang Pudjiwati. (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto)

BBPOM Semarang mendesak pihak distributor obat segera menarik Viostin Ds dari pasar Jateng.

Semarangpos.com, BANYUMAS — Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang, Kamis (8/2/2018), menyampaikan imbauan kepada distributor Viostin DS dan Enzyplex untuk segera menarik kedua produk suplemen kesehatan tersebut dari peredaran. Desakan itu disampaikan karena personel BBPOM Semarang masih menemukan produk mengandung DNA babi tersebut di toko-toko dan apotek di Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami akan pantau terus karena kemarin masih ditemukan di toko-toko dan apotek,” kata Kepala BBPOM Semarang Endang Pudjiwati di sela-sela penertiban jamu ilegal yang mengandung bahan kimia di Desa Tunjung, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jateng, Kamis petang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan pemantauan tersebut dilakukan untuk memastikan produk-produk tersebut telah ditarik dari peredaran. Kendati waktu penarikan masih ada, dia mengatakan pihaknya akan mengambil dan mengamankan produk tersebut jika ditemukan dalam pantauan.

“Kami harapannya distributor semuanya memastikan bahwa tidak ada lagi Viostin DS maupun Enzyplex yang beredar karena sudah dibatalkan izin edarnya, jadi tidak boleh lagi beredar dan untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya, melalui keterangan resminya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan berdasarkan hasil pengawasan melalui pengambilan contoh dan pengujian terhadap parameter DNA babi, ditemukan bahwa dua produk tersebut terbukti positif mengandung DNA babi.

Terkait dengan hal itu, Badan POM telah menginstruksikan PT Pharos Indonesia sebagai produsen Viostin DS dan PT Medifarma Laboratories sebagai produsen Enzyplex untuk menghentikan produksi dua produk tersebut dan menarik seluruh produk yang sudah tersebar di pasaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya