Vino Bocah Yatim Piatu Korban Covid-19 di Sragen Dapat Sepeda dari Presiden Jokowi

Alviano Dafa Raharjo, 10, atau yang akrab disapa Vino, bocah yatim piatu korban Covid-19 mendapat bantuan sepeda dari Presiden Jokowi.

 Alviano Dafa Raharjo mendapat kiriman hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. (Istimewa/ Facebook Kumpulan Wong Sragen)

SOLOPOS.COM - Alviano Dafa Raharjo mendapat kiriman hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo. (Istimewa/ Facebook Kumpulan Wong Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Alviano Dafa Raharjo, 10, atau yang akrab disapa Vino, bocah yatim piatu setelah kedua orang tuanya meninggal dunia karena positif Covid-19 mendapat bantuan sepeda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bocah Kelas IV SD yang lebih akrab disapa Vino tersebut tinggal di Kampung Linggang Purworejo RT 004, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kino Raharjo dan Lina Safitri, kedua orang tua Vino yang berasal dari Sragen meninggal dunia karena Covid-19. Ibunya meninggal pada Senin (19/7/2021) dan ayahnya menyusul meninggal dunia pada Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Kisah Unik Makan di Warung Saat PPKM di Boyolali: Ngiras 20 Menit Ga Cukup

Kondisi Vino yang yatim piatu karena keganasan Covid-19 itu ternyata mengundang keprihatinan Presiden Jokowi. Presiden Jokowi lantas mengirimkan sepeda kepada Vino sebagai pelipur lara.

“Benar, kabar yang kami terima dari petugas kami yang di sana begitu [dapat hadiah sepeda dari Presiden,” papar Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia Dinas Sosial Sragen Urbaniyah Eko Sakti kepada Solopos.com, Kamis (29/7/2021).

Urba menjelaskan pada Rabu (28/7/2021) Dinsos Sragen mendampingi kakek dari Vino untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Pada Kamis pagi, kakek dari Vino juga menjalani swab polymerase chain reaction (PCR).

“Rencana simbahnya sendiri yang mau jemput [Vino] bersama petugas dari kami. Semoga hasil PCR nya negatif. Jika sudah negatif, segera kami tinggal carikan tiket keberangkatannya [menuju Kaltim],” ujar Urba.

Baca juga: Kematian Pasien Corona di Soloraya Tinggi, BNPB: Butuh Perhatian Khusus

Sebelumnya diberitakan, Dinsos Sragen menindaklanjuti informasi adanya bocah berumur 10 tahun, Alviano Dafa Raharjo, yang menjadi yatim piatu karena ibunya meninggal pada Senin (19/7/2021) dan ayahnya menyusul meninggal dunia pada Selasa (20/7/2021).

Mewakili Dinsos Sragen, Urbaniyah Eko Sakti, berkunjung ke keluarga bocah yang biasa disapa Vino atau Alvin itu di dua alamat eyangnya di wilayah Kecamatan Sambirejo dan Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Jumat (23/7/2021) lalu.

Baca juga: Profil Fiersa Besari, Penulis & Musisi Romantis yang Doyan Jelajah Alam

Urba, sapaannya, mengunjungi pasangan Yatin-Suparti, orang tuanya ibunya Vino, almarhumah Lina Safitri, yang tinggal di Dukuh Kedungnolo RT 019, Desa Gringging, Sambungmacan. Selain itu, Urba juga mendatangi kedaiaman orang tua Kino Raharjo almarhum yang tidak lain ayah Vino, yakni Mitro Kiman-Panikem, yang tinggal di Dukuh Bayanan RT 014, Desa Jambeyan, Sambirejo, Sragen.

“Dari hasil kunjungan ke rumah simbah-simbah dari Vino ternyata kondisinya tidak seheboh yang diberitakan. Vino memang melakukan isolasi mandiri di rumahnya di Kutai Barat setelah kedua orang tuanya meninggal. Vino tinggal di rumah yang bersebelahan dengan rumah pakdenya. Ada tiga orang pakde/bude di sana yang menjaga Vino dan menghidupi Vino,” ujar Urba.


Berita Terkait

Berita Terkini

4 Peserta CPNS Sukoharjo Diundang Ujian Susulan, Ini Penyebabnya

Sebanyak empat orang peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sukoharjo diundang untuk mengikuti ujian susulan pada Rabu (20/10/2021) dan Minggu (31/10/2021).

Perlintasan KA Bedowo Sudah Berpintu Palang, Tapi Tak Ada yang Jaga

PT KAI telah memasang pintu palang di perlintasan KA Bedowo, Sragen. Sayangnya, pintu palang itu tak berfungsi lantaran tak ada petugas yang mengoperasikannya.

2022, Pemkab Karanganyar Usul Tambah 718.000 Tabung Melon

Kabupaten Karanganyar mengusulkan tambahan 718.000 tabung elpiji bersubsidi pada 2022.

Jatuh Bangun Menjaga Nyala Para Pendamping ADS

Pandemi Covid-19 berdampak buruk pada perkembangan ADS, para orangtua pendamping harus melakukan berbagai upaya untuk menjaga anak-anak mereka di tengah minimnya layanan fisioterapi.

Siapkan Hadiah Untuk Atlet, Dispora Sukoharjo Rahasiakan Wujudnya

Dispora Sukoharjo merahasiakan hadiah bagi atlet asal Sukoharjo yang berprestasi di PON XX Papua.

Sudah 20 Kali Naik Haji, Ini Komentar Pimpinan KBIH Solo soal Dana Haji

Dari pengawasan yang dilakukan DPR, dapat dipastikan tidak terdapat penggunaan dana haji untuk membiayai proyek infrastruktur pemerintah.

Asosisasi Penghulu Sragen Bicara Keabsahan Nikah Siri, Kesimpulannya?

Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Sragen mengatakan lembaga pemerintah tidak bisa menerbitkan atau menyimpulkan pernikahan siri.

Muncul Klaster PTM di 4 SD di Solo, PTM di Sekolah Lain Jalan Terus

Muncul klaster pembelajaran tatap muka (PTM) di empat SD di Kota Solo. Pemkot Solo memastikan PTM di sekolah lain akan terus berjalan.

Kejayaan Kol Kuning di Era 90-an, Warga Klaten Rindu Bergelantungan

Warga Klaten berharap kol kuning yang menjadi transportasi umum primadona di Kabupaten Bersinar era 1990-an hingga 2000-an dihidupkan lagi dengan wajah baru.

Sopir Kelelahan, Ertiga Nyungsep Perkebunan Tawangmangu

Supir Suzuki Ertiga lebih dulu mengantuk dan mengalai kecelakaan di Tawangmangu sebelum dapat tempat yang nyaman untuk istirahat.

Selamat, Ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas Terbaik di Klaten

Anggota Koramil Klaten Selatan dan anggota Polsek Prambanan terpilih menjadi Babinsa dan Bhabinkamtibmas terbaik di Klaten.

Muncul Klaster PTM di Solo, 28 Siswa di 1 SD Terpapar Covid-19

Terdapat siswa yang dinyatakan positif Covid-19 di empat SD di Kota Solo saat menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

13 Motor Berknalpot Brong Disikat Tim Pandawa Polres Sukoharjo

Tim Pandawa Polres Sukoharjo merazia 13 pengendara sepeda motor berknalpor brong di wilayah Kartasura.

Duh! Klaster PTM Muncul di Kota Solo, 4 SD Ditutup Hingga Sebulan

Pemkot Solo menutup sementara PTM di empat SD di Kota Bengawan. Hal itu menyusul adanya siswa yang terpapar Covid-19 dalam tes acak program Kemenkes pertengahan bulan ini.

Mustakim Pulang Berlari Salatiga-Klaten, PKL Panen Rezeki

Banyaknya warga Trucuk, Klaten, yang menunggu kedatangan Mustakim yang jalan kaki dari Salatiga memberikan berkah bagi PKL.

Lari Salatiga-Klaten, Mustakim Peraih Emas PON Papua Sempat 5 Kali Kram

Selepas PON XX Papua, Mustakim bakal mengikuti seleksi atlet untuk berlaga di SEA Games Vietnam dan berharap lolos seleksi.