Viktor Laiskodat Lulus Doktor UKSW, Angkat Disertasi Wisata NTT

Viktor Laiskodat membuat disertasi berangkat dari dari sebuah permasalahan mengapa masyarakat NTT masih miskin padahal wilayah itu kaya sumber daya alam.

 Pemimpin ujian terbuka sekaligus Pembantu Rektor V Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Suryasatriya Trihandaru (kanan), memindahkan tali kuncir kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, sebagai tanda kelulusan dalam ujian terbuka disertasinya berjudul Transformasi Pariwisata NTT (Inclusive, local-resources based, and sustainable) di Gedung Balairung UKSW, Salatiga, Jumat (22/10/2021). (Istimewa/Dok. UKSW)

SOLOPOS.COM - Pemimpin ujian terbuka sekaligus Pembantu Rektor V Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Suryasatriya Trihandaru (kanan), memindahkan tali kuncir kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, sebagai tanda kelulusan dalam ujian terbuka disertasinya berjudul Transformasi Pariwisata NTT (Inclusive, local-resources based, and sustainable) di Gedung Balairung UKSW, Salatiga, Jumat (22/10/2021). (Istimewa/Dok. UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Partisipasi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam pembangunan pariwisata yang berkelanjutan harus terus diperkuat. Hal ini membutuhkan peran pemerintah, lembaga masyarakat sipil, perguruan tinggi, dan stakeholder lainnya yang dipayungi oleh kebijakan publik guna mewujudkan kemandirian masyarakat.

Hal itu terungkap dalam disertasi bertajuk Transformasi Pariwisata NTT (Inclusive, local-resources based, and sustainable) yang dibuat oleh mahasiswa doktoral Program Studi Pembangunan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Viktor yang juga menjabat Gubernur NTT itu membuat disertasi berangkat dari dari sebuah permasalahan mengapa masyarakat NTT masih miskin padahal wilayah itu kaya sumber daya alam. Viktor mencontohkan sebuah desa di kaki Gunung Kelimutu selama ini hidup dari hasil pertanian konvensional.

Baca Juga: Boyolali Kirim 5 Atlet ke Peparnas Papua XVI

Namun, berkat pendampingan dari CSO, masyarakat setempat kini bisa menerima kunjungan wisatawan dari luar. Masyarakat setempat bahkan menjamu para tamunya dengan makanan yang higienis dan menjadikan pertanian mereka sebagai destinasi wisata.

“Dengan agrotourism itu mereka punya pengalaman sendiri untuk panen, memasak, dan menikmati hasil panen dan masakan dari kebun yang tentunya memberikan pengalaman menarik bagi bagi wisatawan,” kata Viktor, dalam sidang terbuka disertasinya di Gedung Balairung UKSW Salatiga, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, ada pula masyarakat adat Wae Rebo di NTT yang menjadi daya tarik wisatawan lantaran atraksi budayanya. Padahal, untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan perjalanan 2-5 jam. Keberhasilan masyarakat Wae Rebo mengembangkan pariwisatanya tak lepas dari pendampingan CSO dan pemerintah.

Baca Juga: Hindari Bank Plecit, Ribuan Pedagang di Wonogiri Selamat dari Rentenir

“Itulah mengapa kelembagaan perlu didesain dalam rangka menjawab masalah masyarakat agar telibat aktif bukan hanya menonton,” tutur dia.

Pendekatan kelembagaan ini juga dibutuhkan dalam pengembangan supply chain komoditas penunjang pariwisata NTT. Sebagai contoh, daging sapi kualitas terbaik masih didatangkan dari luar NTT. Maka, masyarakat perlu didorong mengembangkan daging sapi berkualitas terbaik.

Dengan memotong rantai pasok daging premium, menurut Viktor, sama dengan dengan memotong rantai kemiskinan. Usaha ini otomatis memerlukan dukungan ketersediaan pakan ternak, bahan pakan, dan lainnya.

Baca Juga: Solar Dibatasi, Antrean Panjang di SPBU di Wonogiri Tak Terelakkan

“NTT masih impor pakan ternak setahun Rp1 triliun lebih. Ini berat. Maka perlu didorong agar pabrik pakan ternak dibangun di NTT. Bahan bakunya jagung 80 persen ada di NTT. Lalu, mengerahkan petani yang dulunya tanam untuk kebutuhan rumah tangga, sekarang menjadi kebutuhan pakan ternak. Butuh perubahan pola pikir tentang tanam jagung sebagai bisnis. Jadi yang semula tanam 1 hektare, menjadi 5 hektare,” terang Gubernur Viktor.

Untuk mengubah pola pikir ini bisa dilakukan melalui sistem pendidikan. Masayarakat dan para pimpinan di daerah harus memiliki kemampuan berpikir kritis. Hal inilah yang diperlukan dalam mendesai pariwisata di NTT yang inklusif dan berkelanjutan.

Sebab, pariwisata sangat erat berhubungan dengan konservasi dan lingkunagn. Ia mencontohkan saat orang berlomba melihat atraksi alam, orang akan terdorong menjaga kelestarian alamnya. Dalam contoh lain, untuk menjaga daya tarik komodo, maka komodo harus dijaga dan dilestarikan agar jangan punah dan kehilangan daya tariknya.

Baca Juga: Terekam Kamera CCTV, 4 Pria Bobol Kotak Infak Masjid di Daleman Klaten

Dalam pengembangan pariwisata di kawasan itu, Gubernur Viktor hanya membikin satu pulau yakni Rinca yang bisa dikunjungi wisatawan. Sedangkan, Pulau Komodo diberikan akses secara selektif dengan harga yang mahal yakni 1.000 dolar per orang.

“Kami batasi agar ada anggaran cukup untuk riset. Masyarakat di Desa Komodo diberdayakan menjaga kebersihan komodo, lingkungan, ketersediaan makanan komodo, dan lainnya. Kalau itu didesain dengan benar ada aspek ekonomi, budaya, lingkungan yang dipayungi kebijakan publik yang kuat,” terang Viktor.

 

IPK 3,92

Disertasi itu mengantarkan Viktor meraih gelar Doktor Program Studi Pembangunan dari UKSW. Ia lulus dengan nilai IPK 3,92. Dekan Fakultas Interdisiplin UKSW, Titi Susilowati Prabowo, mengapresiasi disertasi milik Viktor. Selain itu, Viktor memiliki posisi yang strategis yakni sebagai intelektual sekaligus birokrat. Hal ini mendorong setiap kebijakan publik yang diambilnya berdasarkan evidence based khususnya dalam pengembangan pariwisata di NTT.

Baca Juga: Awas! Ada 11 Lokasi Rawan Lakalantas di Jl. Solo-Jogja Klaten

Namun, yang menjadi tantangan berikutnya adalah bagaimana membangun SDM yang memiliki jiwa entrepreneur. Sebab, sumber daya alam yang kuat harus diimbangi dengan SDM yang inovatif dan berjiwa entrepreneur. Sedangkan, di NTT, mindset masyarakat masih berorientasi pada menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

“Butuh agen perubahan untuk mendorong agar bisa terjadi di NTT. Ini butuh pendampingan dan harus dilakukan oleh lembaga seperti LSM, perguruan tinggi, dan lainnya. Model ini juga bisa direplikasi ke wilayah tertinggal lainnya di Indonesia timur misalnya Morotai, Papua. Namun, harus dengan penyesuaian mengikuti karakteristik lokal yang ada,” kata Titi.

Berita Terkini

Dies Natalis ke-65, UKSW Siap Antisipasi Tantangan Zaman

Saat ini UKSW tengah mengembangkan pendidikan berbasis teknologi augmented and virtual reality (AVR).

Teliti Kartu Tani Antar Dani Harun Raih Gelar Doktor

Program kartu tani diperkenalkan kepada para petani di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada 2015.

Airlangga: Indonesia Butuh Generasi Muda Berkarakter dan Berdaya Saing

Menurut Airlangga, momentum pulihnya ekonomi perlu dijaga dan ditingkatkan bersama, harapannya Indonesia tidak hanya mampu keluar dari Covid-19 tetapi juga keluar dari middle income trap.

HUT ke-65, UKSW Gelar Ibadah Syukur dan Upacara Dies Natalis

Kegiatan ibadah syukur dan upacara dies natalis akan diadakan secara luring terbatas, dan disiarkan secara langsung di Youtube UKSW Salatiga.

Keren! Ada Teknologi Smart Campus di UKSW

Belum lama ini UKSW telah bekerja sama dengan perusahaan pengembang perangkat lunak virtual reality dan augmented reality yang berkantor pusat California, AS.

Dubes Indonesia untuk Vatikan Bagikan Pengalaman di Dies Natalis FH UKSW

Laurentius Amrih Jinangkung menyampaikan dampak globalisasi sangat memengaruhi perdagangan dan ekonomi dunia.

Teori dan Praktik Kepailitan Dikupas Tuntas di Seminar FH UKSW

Seminar diadakan secara online menggunakan platform zoom meeting, diikuti setidaknya 300 peserta dari kalangan mahasiswa dan juga praktisi hukum.

Ubah Mindset, Pendidikan Kini Berpusat pada Minat Siswa

Pentingnya memberikan peserta didik ruang untuk mengakomodasi keragaman dengan pendekatan personal.

Buka-Bukaan Jadi Sociopreneur Sukses di UKSW

Telah ada 175 proposal ide bisnis dari mahasiswa UKSW sebagai peserta kompetisi rancang bisnis yang akan diseleksi untuk memperebutkan kursi lima besar.

Peringati HKN, FKIK UKSW Edukasi Warga Samirono Semarang

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini diawali dengan edukasi pola hidup bersih dan sehat terkait peningkatan aktivitas fisik.

Strategi Owner Dapur Wieda dan Osaga Bidik Peluang di Masa Pandemi

Untuk menemukan target pasar dapat dilakukan dengan bergabung pada komunitas bisnis yang diminati sehingga dapat belajar mengenai pasar.

Dapat Hibah Rp500 Juta dari Kedaireka, UKSW Ciptakan AI Mining

Dosen UKSW Salatiga, Dr. Hanna Ariani Parhusip, M.Sc.,nat, mendapat dana hibah Match Funding Kedaireka untuk membuat prototipe sistem cerdas AI Mining.

HI UKSW jadi Tuan Rumah Pertemuan Mahasiswa HI se-Indonesia

Prodi HI Fiskom UKSW akan menjadi tuan rumah Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia ke-33 atau PNMHII XXXIII pada Senin-Kamis (15-18/11/2021).

Kukuhkan 4 Guru Besar, Rektor UKSW Salatiga: Ini Jadi Fighting Spirit

Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D, mengatakan pengukuhan keempat guru besar ini menjadi sebuah fighting spirit serta nilai yang baik dalam menerima tantangan kompetisi di masa depan

Cakap Digital Tak Sebatas Jago Operasikan Gawai, Ini Alasannya

Akan dibahas mengenai pentingnya peningkatan literasi digital masyarakat, di mana literasi digital berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia.

Mantap! UKSW Punya 4 Guru Besar Baru

Dengan dikukuhkannya empat guru besar yang baru, saat ini UKSW memiliki 14 guru besar.

Sambut Dies Natalis ke-65, UKSW Gelar Creative Minority Forum 2021

Untuk memperingati Dies Natalis ke-65, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga akan menggelar kegiatan bertajuk Creative Minority Forum 2021.

Dosen UKSW & Rekan Ciptakan SI SAGU demi Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Penelitian yang dilakukan Herry Sanoto dan tim berangkat dari kepedulian untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat yang termasuk wilayah 3T.

Ada 678 Lowongan Kerja untuk SMA hingga S3 di UKSW Virtual Job Fair

Melalui kegiatan ini job fighter serta peserta perusahaan dapat bertemu sehingga VJE menjadi jembatan baik untuk perusahaan serta para pencari kerja.

Pakar Bagi Tips Komunikasi Antarbudaya dalam Profesi PR di Webinar UKSW

Melalui teknologi informasi orang-orang dapat dihubungkan namun melalui teknologi informasi pula orang-orang dipisahkan dari kelompoknya.

Viktor Laiskodat Lulus Doktor UKSW, Angkat Disertasi Wisata NTT

Viktor Laiskodat membuat disertasi berangkat dari dari sebuah permasalahan mengapa masyarakat NTT masih miskin padahal wilayah itu kaya sumber daya alam.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat Raih Gelar Doktor dari UKSW Salatiga

Viktor meraih gelar Doktor Program Studi Pembangunan dari UKSW dengan nilai IPK 3,92.

Hadapi Era Industri 4.0, UKSW Gandeng PT SCI Gelar Webinar

Guna mempersiapkan lulusan perguruan tinggi memasuki dunia industri 4.0, UKSW bekerja sama dengan PT SCI menggelar webinar dan rekruitmen.

Srumbung Gunung Buat Master Plan Menuju Desa Wisata Kreatif Perdamaian

Visual 3 dimensi master plan yang sudah final telah ditunjukkan kepada masyarakat Srumbung Gunung di acara soft opening Gazebo Kuliner Nusantara.

Peringati Hari Jadi NUNI, UKSW Salatiga Gelar Donor Darah

Donor darah yang digelar di Student Center UKSW tersebut diadakan dalam rangka merayakan 10 tahun terbentuknya NUNI.

Lulusan UKSW Siap Beradaptasi dengan Realitas Dunia Baru

UKSW telah memberikan bekal untuk membentuk winisuda secara kultural guna menjadi “manusia baru”.

948 Mahasiswa UKSW Diwisuda Besok, Ini Daftar Peraih IPK Tertinggi

Pelaksanaan wisuda periode II tahun akademik 2021/2022 akan diikuti oleh 948 winisuda UKSW secara luring terbatas.

Wali Kota Salatiga Dukung Usulan Gelar Pahlawan untuk Probowinoto

Pelanjutan usulan gelar pahlawan untuk Probowinoto oleh UKSW dimulai dengan kajian interdisiplin yang dilakukan oleh tim.

18 Tahun Berkiprah, FTI UKSW Pertahankan Prestasi

Sejumlah capaian fakultas yang saat ini dipimpin oleh Wiwin Sulistyo, ST, M.Kom., ini menandakan bahwa FTI mampu beradaptasi di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Dosen STIE Solo, Irwan Christanto Raih Gelar Doktor dari DM FEB UKSW

Irwan yang dosen STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta ini berhasil mempertahankan desertasinya di hadapan para penguji UKSW.

3CM FKIP UKSW Serahkan Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo

3CM Center FKIP UKSW Salatiga menggelar kegiatan “3CM Berbagi” yang dilakukan dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa.

UKSW dan TNI Gelar Vaksinasi Massal Bagi Pelajar dan Masyarakat Umum

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kerja sama dengan TNI Komando Daerah Militer IV/Diponegoro menggelar vaksinasi massal di Balairung Universitas

Tim Basket Satya Wacana Saints Salatiga Umumkan Pergantian Pelatih

Mantan kapten tim SWSS musim 2010-2011 yaitu Jerry Lolowang terpilih sebagai pengganti Efri Meldi.

Desa Binaan UKSW Salatiga Jadi Desa Wisata Terbaik 2021 Versi BCA Award

Desa Wisata Tingkir Lor binaan UKSW Salatiga berhasil menjuarai ajang Bakti BCA - Desa Wisata Award 2021 kategori foto desa wisata terbaik menggunakan smartphone.

UKSW dan Polres Salatiga Sepakat Meningkatkan Sinergi

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Neil Semuel Rupidara, SE., M.Sc., Ph.D menerima kunjungan kerja Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana.

3.000 Dosis Vaksin Kedua Disalurkan di UKSW Salatiga

UKSW saat ini tengah mengadakan penjajakan dengan berbagai pihak seperti Koramil dan Danrem untuk kembali mengadakan kegiatan vaksinasi.

Sebarkan Nilai Perdamaian, Desa Wisata Kreatif Perdamaian Adakan Peace Camp

Peserta Peace Camp benar-benar belajar hal praktis untuk memahami serta menerima perbedaan.

Masih Dibuka, Kesempatan Bergabung di Kampus Indonesia Mini

Proses pendaftaran mahasiswa baru UKSW dilakukan secara online melalui laman admisi.uksw.edu.

Peringati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, UKSW Siap Dukung Indonesia Maju dan Tangguh

Memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar upacara bendera di Balairung Universitas.

Awali Masa Orientasi, Mahasiswa Baru UKSW Ikuti Ibadah bersama Sivitas Akademika

Ibadah Senin dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi rangkaian masa Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) oleh Rektor UKSW.

Virtual Tour UKSW Berikan Sensasi Jelajah Kampus di Masa Pandemi

Bagi yang ingin mengetahui lingkungan UKSW menawarkan fasilitas baru yang dapat dinikmati melalui salah satu fitur pada website www.uksw.edu.

Kuliah Umum UKSW: Olah Spiritual Bisa Jadi Kunci Bertahan Di Masa Pandemi

Kuliah Umum MKU Pendidikan Agama (Kristen) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) digelar secara virtual menghadirkan empat narasumber.

Dicari 400 Mahasiswa untuk Jadi Petani Organik Milenial, Yuk Buruan Daftar

Pelatihan pertanian organik bagi milenial ini bertujuan untuk mempersiapkan para milenial menjadi petani organik yang sukses.

Canggih! UKSW Kembangkan Teknologi Pembelajaran AVR, Perusahaan Silicon Valley Digandeng

Teknologi AVR ini akan dipakai UKSW dalam pembelajaran di semua bidang. Kerja sama dengan EON-Reality berdurasi 5 tahun.

Tiga Pembicara Berbagi Dunia Kehumasan untuk Mahasiswa UKSW

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar diskusi kehumasan secara daring melalui zoom meeting.

Bambang Suteng Berpulang, Rektor UKSW: Pemikirannya Terstruktur dan Tajam

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW) terpilih dengan tahun jabatan 2020-2025, Dr. Bambang Suteng Sulasmono, berpulang.

Prodi Magister Akuntansi UKSW Raih Akreditasi Unggul, Top!

Prodi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW Salatiga menyandang akreditasi unggul sesuai Keputusan BAN PT.

Peduli Rekan Sebaya, Mahasiswa UKSW Terpilih Jadi Duta GenRe

Dua mahasiswa UKSW terpilih menjadi Duta GenRe (Generasi Berencana) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Salatiga.

Lulus di Tengah Pandemi, Winisuda UKSW Harus Adaptif

Mengembangkan perilaku adaptif dan kompatibel dengan karakteristik pandemi menjadi hal mutlak dalam gelaran upacara wisuda UKSW ini.

13 Proposal Lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa, UKSW Raih Peringkat III

Peningkatan tidak hanya terjadi pada proposal yang lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa, tetapi juga jumlah yang dikirimkan.