SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video viral ibu dan anaknya asal Wonogiri tengah mengobrol dalam bahasa Inggris viral di media sosial Tiktok. (Tiktok @a5rihartanti)

Solopos.com, WONOGIRI — Ibu-ibu yang juga guru Bahasa Inggris SMK di Wonogiri, Asri Hartanti, mengaku tak menyangka video percakapannya dengan sang anak dalam bahasa Inggris yang ia unggah di Tiktok pada Senin (5/6/2023) itu menjadi viral

Asri mengaku punya alasan khusus kenapa ia membuat konten percakapan dalam bahasa Inggris. Ia bahkan membuat konten setiap dua hari sekali dan siaran langsung (live) setiap hari di media sosial Tiktok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asri memastikan hal itu sama sekali tidak mengganggu jadwal mengajarnya di SMK Bhakti Mulya Wonogiri. Ia juga tidak pernah mengesampingkan perannya sebagai orang tua bagi tiga anaknya.

Ibu-ibu asal Wonogiri itu menyampaikan sejak awal alasan utama dia membikin konten video percakapan dalam bahasa Inggris di media sosial bukan karena ingin viral tapi karena ingin melatih dan menjaga keterampilan bicara dalam bahasa Inggris. 

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya konsisten buat konten setiap dua hari sekali, saya unggah. Tetapi saya live streaming dua kali setiap hari. Biasanya pukul 09.00 WIB-10.00 WIB dan pukul 14.00 WIB atau 16.30 WIB, itu jam-jam longgar. Tidak mengganggu jadwal mengajar,” ujar Asri saat ditemui Solopos.com di SMK Bhakti Mulia Wonogiri, Rabu (7/6/2023).

Live streaming, kata dia, selain untuk membangun komunikasi dan melatih keterampilan bahasa Inggris, juga sebagai upaya membangun akun Tiktok agar segera berkembang karena banyak pengunjung.

Ibu-ibu asal Wonogiri yang viral lewat video di Tiktok itu menceritakan kadangkala ketika tengah melakukan siaran langsung di Tiktok, ia diprotes anak paling bungsu yang berumur tiga tahun. Anak tersebut ingin bermain dengan sang ibu.

Asri menyadari betul sebagai guru sekaligus orang tua, tidak banyak waktu untuk membuat konten medsos. Meski begitu, Asri mengaku memiliki manajemen waktu yang baik.

Ia tidak pernah menunda-nunda waktu untuk mengerjakan suatu hal sehingga semua pekerjaan selesai sesuai pada waktunya. “Memang konsisten itu memang sulit, apalagi saya punya anak tiga, masih kecil-kecil. Belum lagi disibukkan urusan sekolah. Tetapi saya berusaha untuk mengatur dengan baik,” kata dia.

Asri menceritakan awalnya membuat konten video sebenarnya ia tujukan untuk diunggah di Youtube. Kemudian teman-temannya menyarankan agar konten-konten tentang bahasa Inggris itu juga diunggah di Tiktok dan Instagram.

Modal HP Android

Untuk membuat konten-kontek tersebut, Asri hanya mengandalkan handphone Android yang biasa dia gunakan sehari-hari. Melalui konten-konten yang ia buat, Asri juga ingin memperlihatkan bahwa media sosial tidak selalu memberikan dampak negatif bagi pengguna.

Sebelumnya diberitakan, video seorang ibu-ibu asal Wonogiri yang tengah mengobrol dalam bahasa Inggris dengan anak perempuannya viral di media sosial Tiktok.

Video yang diunggah pengguna akun Tiktok @a5rihartanti, pada Senin (5/6/2023) itu sudah ditonton hingga 8,3 juta kali pada Rabu (7/6/2023) pukul 13.00 WIB.

Selain itu video tersebut sudah mendulang 1 juta likes, 11.900 komentar, dan dibagikan sebanyak 74.100 kali. Dalam video itu tampak ibu dan anak perempuannya itu mengenai hijab warna cokelat.

Mereka duduk di tengah areal persawahan. Sang ibu mengajari anaknya untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Ia menggunakan kalimat-kalimat sederhana seperti “do you like it here?”.

Ketika anaknya menjawab “it’s so fresh”, ibu tersebut membetulkan kalimat anaknya dengan mengatakan “the air is fresh” dan meminta anaknya menirukan perkatannya. Obrolan ibu dan anak asal Wonogiri dalam video viral itu berlanjut ke hal-hal sederhana lain seperti warna langit, dan sebagainya.

Sang ibu juga meminta anaknya menggambarkan adiknya yang bermain di sekitar mereka, bagaimana pakaiannya, apa warnanya, dan seterusnya.

Video berdurasi 2 menit 6 detik itu dibanjiri pujian warganet di kolom komentar. “Gaada medoknya bahasa Inggrisnya keren banget si Ibu,” tulis warga Tiktok dengan akun @SeptianaNau.

Warganet lain dengan akun @Tezet Zauri memuji logat ibu tersebut. “kyk orang bule beneran logatnya, mantab,” tulisnya.

“bujuk pronon nya mantep bener kaya emak emak amrik,” komentar pengguna akun @NPC2898.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya