SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jalan (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KUDUS — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), angkat bicara terkait video viral terkait aspal lunak di sebuah jalan yang tersebar di media sosial baik Instagram maupun Tiktok. Menurut mereka, kejadian aspal lunak hingga bisa dikeruk dengan tangan itu tidak terjadi di wilayahnya, yakni Kudus.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPUPR Kabupaten Kudus, Arif Budi Siswanto, kepada Solopos.com, Jumat (8/7/2022). Arif mengaku hingga saat ini lokasi yang ditunjukkan dalam video itu belum diketahu secara pasti dan belum tentu terjadi di Kudus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tangan yang menyampaikan itu hanya fokus pada tempatnya [jalan]. Tidak mewakili di kabupaten mana, kami juga belum tahu,” ujar Arif.

Disinggung terkait caption yang ada dalam video yang viral itu, yang menyatakan jika lokasi aspal lunak di jalanan itu ada di Kudus, Arif pun membantahnya. Hal itu dikarenakan hal tersebut sulit diidentifikasi hingga pihaknya sulit melakukan pengecekan.

Ekspedisi Mudik 2024

“La kita enggak tahu [kebenaran caption-nya]. Kudus di mana? Belum ada lokasi yang mewakili dalam video itu bahwa terjadi di Kudus,” jelasnya.

Baca juga: Viral! Video Aspal Mudah Dikeruk Bak Kue Kering, Lokasinya di Kudus

Arif juga menyatakan jika saat ini belum ada kegiatan yang dilakukan Pemkab Kudus yang berkaitan dengan pengaspalan jalan. “Jadi kalau lihat videonya belum jelas. Kemarin saya dapat video-nya juga, tapi kami belum dapat [lokasinya]. Jadi belum bisa dikategorikan mewakili Kudus,” tegasnya.

Arif pun meminta kepada masyarakat yang membuat laporan atau informasi terkait aspal lunak dalam video yang viral itu memberikan keterangan lokasi secara pasti. “Paling tidak kalau buat berita atau postingan yang jelas. Jangan membuat gaduh masyarakat, karena sesuatu yang belum jelas, belum terkonfirmasi, jangan diunggah dulu lah,” ujarnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Fakta Indo | Berita Indonesia (@fakta.indo)

Diberitakan sebelumnya, video terkait aspal lunak di jalan itu viral di media sosial dan dibagikan sejumlah akun Instagram salah satunya, akun @fakta.indo. Dalam unggahannya, akun tersebut juga menuliskan caption jika lokasi video itu dibuat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Baca juga: Pemkab Kudus Klaim Jalan Rusak Tak Sampai 63 Km

Bak kue kering, jalan yang baru diaspal hancur saat disentuh dengan tangan oleh warga. Lokasi: Kudus, Jawa Tengah.,” tulis akun @fakta.indo sambil mengunggah video tersebut.

Banyak yang kemudian menyebut jika lokasi dalam video viral terkait aspal lunak itu berada di Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus. Meski demikian, Kepala Desa Rahtawu turut menyanggah jika kejadian itu terjadi di desanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya