SOLOPOS.COM - Bule main gamelan jawa (Facebook)

Video unik kali ini tentang sekumpulan bule yang dengan kompak memainkan musik gamelan Jawa.

Solopos.com, SOLO – Alat musik gamelan Jawa sudah dikenal luas di ranah internasional. Beberapa universitas atau pusat studi di luar negeri bahkan ada yang memfokuskan pendidikan atau riset pada alat musik tersebut. Pusat studi tersebut menghasilkan bule yang mahir memainkan gamelan.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Salah satu video yang menampilkan bule memainkan gamelan diunggah akun Facebook Bhege Widiyanta. Dalam video tersebut bule-bule tampak mahir memainkan bagiannya masing-masing.

Para bule dengan lancar memainkan alat musik gamelan Jawa seperti bonang, demung, saron, peking, kenong, hingga gambang. Video yang diunggah sejak Juni 2016 itu mengundang kekaguman dari warganet. Beberapa warganet malah membandingkan dengan dirinya sebagai warga asli Indonesia tapi tak bisa memainkan gamelan.

Wow mengagumkan, keren, salut,” tulis akun Dyah Andayanityas.

Wes nek koyok ngene opo ra ngisin-ngisini wong Jowo [Kalau sudah seperti ini apa tidak bikin malu orang Jawa?]” tulis akun Tari Riyanti.

Berbicara mengenai pusat studi gamelan di luar negeri, laman resmi Dikti pernah memuat profil tentang Komunitas Ragakusuma yang bermarkas di Richmond, Virginia, Amerika Serikat. Ragakusuma adalah sebuah komunitas yang berfokus pada pembelajaran musik Gamelan Jawa dan Gamelan Bali.

Ragakusuma didirikan oleh Profesor Andy McGraw pada 2007. Beliau adalah guru besar madya di Department of Music di Universitas Richmond. Pada 22 Maret 2017 Ragakusuma merayakan ulang tahun ke-10. Komunitas tersebut menggelar konser yang diramaikan dengan musik dari gamelan Jawa dan Bali serta musik keroncong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya