SOLOPOS.COM - Tali dibuat dari serat kulit kelapa (Youtube)

Video unik kali ini tentang cara membuat tali dari sisa-sisa kulit kelapa.

Solopos.com, SOLO – Youtuber Grant Thompson membuat tips menarik tentang bagaimana cara membuat tali dari sabut kelapa. Grant Thomson disebut sebagai The King of Random lantaran kerap memperlihatkan berbagai tips menghadapi situasi yang serba tak terduga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam unggahannya, Jumat (11/11/2016), dijelaskan secara detail cara membuat tali dari kulit kelapa.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan serat-serat kulit kelapa yang sudah mulai mengering. Serat itu mirip sekam atau rambut berwarna cokelat. Bersihkan serat-serat itu dari kotoran.  Setelah itu tarik serat sedikit demi sedikit sembari diputar-putar.

Seperti digambarkan dalam video, pemutaran serat kulit kelapa akan menarik serat-serat berikutnya sehingga tali mulai terbentuk. Dalam tahap pertama, tali yang dihasilkan masih kurang kuat.

Untuk menguatkan tali harus dilakukan satu lagi putaran. Tali dari hasil putaran pertama itu dibagi menjadi dua. Kemudian putar dua bagian tali tipis itu seperti gerakan mengepang rambut. Ulangi hal serupa dengan potongan tali selanjutnya sehingga didapatkan tali yang dikira aman.

Hasil yang didapat setiap orang akan berbeda-beda sesuai dengan pola putaran dan banyaknya lapisan serat kulit kelapa yang digunakan. Tonton video proses pembuatan tali dari serat kulit kelapa di bawah ini.

(Lihat: https://www.youtube.com/watch?v=U-Q0NVX2nt0)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya