SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemberian uang dalam amplop. (englishandkorean.files.wordpress.com)

Solopos.com, SOLO–Video pembagian amplop merah kepada jemaah di masjid diduga di Sumenep, Jawa Timur viral yang dinarasikan berisi uang Rp300.000 viral di media sosial Twitter.

Video berdurasi 32 detik itu diunggah akun @PartaiSocmed viral pada Minggu (26/3/2023) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akun tersebut juga mengunggah foto amplop warna merah bergambar lambang partai politik (parpol) dan dua orang lelaki memakai pakaian merah berisi uang Rp300.000.

Foto itu menyertai cuitan akun tersebut. “Mulai sekarang kami berjanji akan rajin taraweh di Sumenep,” tulis akun itu dengan menandai atau mention akun @bawaslu_RI.

Uang Rp300.000 di dalam amplop itu terdiri atas dua lembar pecahan Rp100.000 dan dua lembar pecahan Rp50.000.

Pantauan Solopos.com, video itu menampilkan seorang lelaki paruh baya memakai pakaian panjang, berpeci, dan bersarung membagikan amplop berwarna merah kepada warga yang duduk bersaf di masjid. Terdengar suara berirama bernuansa islami.

Bapak-bapak itu membagikan amplop merah kepada setiap orang yang duduk, termasuk kepada perekam video. Perekam sempat merekam amplop yang diterima sekilas. Amplop merah itu bergambar dua lelaki memakai pakaian merah.

Hingga pukul 21.36 WIB, unggahan foto amplop merah sudah dilihat sebanyak lebih dari 831.000 kali.

Unggahan itu mencatatkan 1.240 komentar, 3.246 retweet, dan 9.286 disukai.

Sementara, video yang diunggahkan mencatatkan lebih dari 80.600 tayangan, 175 komentar, 758 retweet, 1.797 suka, dan dilihat 146.300  kali.

Dalam komentar ada warganet yang mengunggah dua amplop yang sama seperti yang diunggah akun @PartaiSocmed. Dua amplop itu sama-sama berisi uang Rp300.000.

“Transaksi suap menyuap di rumah Allah,” tulis akun @necoise mengomentasi foto amplop merah itu.

Warganet lainnya bertanya masjid tempat pembagian amplop tersebut di mana. Mereka ingin salat di masjid itu agar memperoleh amplop juga dan uangnya untuk membali baju baru.

Pertanyaan itu direspons warganet dengan membagikan tautan Google Maps masjid yang dimaksud.

“Buat yang pengen tahu, ini lokasinya. Masjid F*** B*** S*** G*** [nama masjid] 0819*** https://maps.app.goo.gl/N9a*** [lokasi masjid] Didirikan pak Sa’id dari **** [nama partai]. Btw bagi bagi amplop merah ini bukan cuma sekarang. Tahun lalu juga ada, biasanya pas romadhon. 300k loh tiap malem,” tulis akun @AbroriAli.

Warganet lain, @ashimkhair, menyebut telah terjadi praktik politik uang atau money politics. Foto dan video itu menunjukkan telah terjadi kampanye di rumah ibadah.

“> money politic > curi start kampanye > kampanye di rumah ibadah berapa pasal pelanggaran ini yg dilakukan di Sumenep?
kalau @bawaslu_RI ga ada tindakan, masuk angin berarti,” tulis akun itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya