Video Gusti Nurul dari Mangkunegaran Solo Menari di Istana Belanda
Penampilan Gusti Nurul saat menari di Istana Belanda. (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Gusti Nurul merupakan Putri Solo yang kecantikannya terkenal hingga ke manca negara. Wanita kelahiran Solo tahun 1921 itu menjadi primadona di kalangan bangsawan Indonesia.

Bukan hanya berparas cantik, Gusti Nurul juga piawai menari. Majalah Life edisi 25 Januari 1937 yang diterbitkan di Amerika memajang fotonya saat menari di Istana Belanda.

Foto itu diambil saat Gusti Nurul menari di pernikahan Putri Julaiana dan Pangeran Bernard pada 6 Januari 1937. Perempuan Solo yang baru berusia 15 tahun itu menari dengan lemah gemulai di hadapan Ratu Belanda beserta tamu undangan lainnya.

Rombongan ayah Gusti Nurul, Mangkunegara VII, bertolak ke Belanda sejak 11 November 1936 menumpang Kapal Marnix dari Jakarta. Mereka tiba di Belanda sekitar Desember 1936. Selama di Belanda, rombongan dari Pura Mangkunegaran itu menginap di Kastil Oud-Wassenaar.

Seruan WHO: Vaksin Virus Corona Harus Menjangkau Semua Orang

Sepekan sebelum resepsi digelar, Gusti Nurul mempersembahkan Tari Srimpi Sari Tunggal sebagai hadiah untuk pengantin. Penampilannya sukses mengundang decak kagum.

Wanita bernama lengkap Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani itu menari diiringi gendhing yang dimainkan langsung dari Pura Mangkunegaran Solo. Alunan musik itu dipancarkan ke Istana Nooerdeinde Belanda lewat transmisi stasiun radio Malabar.

Video Menari

Penampilan putri Keraton Mangkunegaran itu terekam dalam video yang dibagikan di kanal Youtube Bimo K.A., Jumat (12/6/2020). Dalam video itu dia terlihat mengenakan pakaian tradisional lengkap dengan berbagai aksesori.

Situasi Covid-19 Indonesia 13 Juni: Positif 37.420, Sembuh 13.776, Meninggal 2.091

Dia menari dengan lemah gemulai mengiringi alunan suara gamelan yang dimainkan dari Solo. Pada waktu bersamaan, kakaknya GRAy. Partinah ikut menari di Solo untuk menyelaraskan gerakan dengan iringan gamelan.

Dikutip dari Wikipedia, sosok Putri Solo itu disebut-sebut sebagai primadona yang didambakan sejumlah tokoh negara. Mulai dari Presiden Soekarno, Sultan Hamengkubuwono IX, hingga Sutan Sjahrir terpesona dan mencoba meminang Gusti Nurul.

Namun, akhirnya dia menikah dengan pria pujaannya, RM Soejo Soejarso pada 24 Maret 1954. Dia adalah lulusan Akademi Militer Kerajaan Belanda yang setelah Proklamasi bergabung dengan TNI.

Benang Layangan Tewaskan Pemotor di Mojosongo Solo Nglewer di Jalan, Panjangnya 5 Meter


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho