Jembatan Kuning ikon Kota Palu, Sulawesi Tengah (Youtube)

Solopos.com, PALU – Gempa bumi dengan magnitudo 7,4 Skala Richter disertai tsunami meluluhlantakkan Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Gempa yang berpusat di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah itu merusak berbagai bangunan, salah satunya Jembatan Kuning IV atau Jembatan Ponulele yang menjadi ikon Kota Palu.

Jembatan kebanggaan warga Palu roboh tak kuat menahan goncangan gempa. Kerusakan Jembatan Kuning di Palu, Sulawesi Tengah, terekam dalam beberapa video amatir yang viral di media sosial. Jembatan lengkung berwarna kuning terang yang membentang di atas Teluk Talise itu rusak parah.

Dalam video yang diunggah pengguna akun Instagram @makassar_iinfo terlihat jelas kerusakan Jembatan Kuning akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Warganet yang menonton video tersebut semakin prihatin melihat kondisi Kota Palu.

Keprihatinan warganet terhadap bencana alam di Sulawesi Tengah ditunjukkan dengan berbagai cuitan di Twitter. Tagar #PrayforSulteng dan #TadzkirahPalu menggema di Twitter. Melalui tagar tersebut, netizen berlomba memberikan simpati dalam wujud doa bagi warga Palu dan sekitarnya yang menjadi korban gempa sekaligus tsunami itu.

"Menangis melihat video ini. Semoga warga Palu diberikan kesabaran dan semoga tiada lagi bencana, amin," komentar @dessysadeli.

"Semoga semuanya yang ada di Kota Palu diberikan ketabahan, kesabaran, dan keikhlasan. Yang meninggal semoga husnulkhatimah. Dan semoga jangan ada bencana lagi, amin," imbuh @slonalvi.

Sebagai informasi, Jembatan Palu IV sepanjang 250 meter itu menghubungkan Palu Timur dan Palu Barat. Nama jembatan tersebut diambil dari mantan Gubernur Sulawesi Tengah, Aminudin Ponulele. Jembatan tersebut diresmikan pada 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sejak saat itu, Jembatan Kuning menjadi kebanggaan warga Palu. Apalagi itu merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Prancis.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten