SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Ustaz Abdul Somad (UAS) diberi tanggat waktu sampai sembilan hari ke depan untuk memberikan klarifikasi kepada Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau mengenai keterlibatannya dalam aktivitas politik.

Klarifikasi itu merupakan perintah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena muncul dugaan UAS mendukung salah satu peserta Pilpres 2019, yakni capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Hal itu didasarkan pada bukti video pertemuan yang tersebar di media sosial.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asisten Komisioner Bidang Promosi dan Advokasi KASN Nurhasni mengatakan, surat perintah tertanggal 16 April 2019 itu baru diterima Rektor UIN pada 2 Mei 2019. Karenanya, UAS masih memiliki waktu hingga 16 Mei 2019 untuk memberikan klarifikasi, sesuai tenggat 14 hari sejak surat diterima.

“Surat baru diterima 2 Mei, kami kirim pakai pos soalnya. Katanya mereka baru menerima surat pada 2 Mei, ya kalau 2 Mei masih ada waktu, tunggu hasil klarifikasinya,” kata Nurhasni saat dihubungi Suara.com, Rabu (8/5/2019).

Dia juga belum memberikan klarifikasi apakah KASN akan melakukan tindakan lebih lanjut dengan memanggil langsung UAS dan Rektor UIN. “Pasti kami beri surat peringatan kepada rektor kenapa belum diklarifikasi, ada apa? Apakah ada problem? Atau kami yang panggil, kami undang rektornya dengan ASN-nya langsung,” jelasnya.

Sebelumnya, surat KASN tertanggal 16 April 2019 tertulis permintaan bagi Rektor UIN Suska Ahmad Mujahidin agar memanggil UAS. Hal itu untuk mengklarifikasi video dialog antara Prabowo dengan Ustaz Abdul Somad yang ditayangkan TV One pada 11 April 2019.

Berdasarkan informasi, Ustaz Abdul Somad kini berstatus izin cuti untuk berkuliah di Sudan. Dia menempuh program studi doktoral di negeri tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya