Video Asusila Mirip Artis Gisella Anastasia Viral, Ini Kata Polisi…
Artis Gisella Anastasia menyapa wartawan saat menghadiri sidang putusan cerai dengan suaminya aktor Gading Marten di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (23/1/2019). (Antara-Reno Esnir)

Solopos.com, JAKARTA — Polda Metro Jaya mengaku tengah meneliti video asusila dengan subjek milik artis Gisella Anastasia yang sempat viral di media sosial. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus juga mengaku intensif patroli siber di sejumlah platform media sosial.

Kombes Yusri Yunus memastikan pihaknya sudah bergerak melakukan profiling terhadap video asusila mirip Gisella Anastasia yang viral tersebut agar bisa menemukan pelaku yang menyebarkan di media sosial. “Kita masih melakukan pengecekan terlebih dulu sebelum masuk tahap penyelidikan," tutur Yusri, Sabtu (7/11/2020).

Patroli siber yang dilakukan polisi di sejumlah plaform media sosial juga dijutukan untuk memburu akun media sosial yang kali pertama mem-posting rekaman video tersebut hingga akhirnya viral. "Sampai saat ini kita masih melakukan patroli siber ya," katanya.

Tandu Wanita Hamil di Jalanan Rusak, Pria Desa Digiring ke Kantor 

Sebelumnya, nama Gisella Anastasia mendadak jadi viral di media sosial karena adanya rekaman video pendek berdurasi 19 detik. Video itu berisi adegan bercumbu seseorang perempuan bersama seorang pria di sebuah kamar. Sosok perempuan itu dianggap publik mirip Gisella Anastasia sehingga rekaman itu menyebar bak virus. Bahkan tagar Gisel pun sempat menjadi trending topic di Twitter.

Selebritas yang akrab disapa Gisel itu juga memberikan tanggapannya terkait beredarnya video viral tersebut. Gisel mengaku binggung dan juga sedih karena dirinya kembali diterpa rumor video syur yang diduga mirip dengan dirinya tersebut.

"Aku bingung klarifikasinya gimana soalnya juga udah bukan kali pertama ya kena di aku. Jadi sebenernya sedih juga. Cuma, ya udah enggak apa-apa dihadapin aja," kata Gisel saat dimintai konfirmasi awak media, Sabtu.

Peluang Bisnis: Cuci Mobil Waterless Bisa Untung Rp25 Juta/Bulan

Mantan istri Gading Marten itu enggan memberikan komentar lebih lanjut mengenai video syur yang menghebohkan dunia maya dan menjadi perbincangan warganet. Lebih lanjut, Gisel pun hanya memohon doa kepada semua pihak agar isu yang menimpa dirinya kali ini bisa cepat dilaluinya. "Mohon doanya ya biar bisa cepat lewat," ujar Gisella Anastasia.

Sikap Kominfo

Anggota staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi menyatakan Kominfo segera melakukan takedown atau mencopot konten video berisi adegan cabul seorang pria dengan wanita yang diduga mirip Gisella Anastasia di paltform media sosial itu.

"Kominfo sudah dan terus menelusuri video yang dimaksud di berbagai platform medsos. Paralel kami berkoordinasi dengan platform medsos terkait untuk melakukan takedown. Beberapa di antaranya sudah dilakukan takedown," ujar Dedy kepada Kantor Berita Antara, Sabtu.

Tinggalkan Surat untuk Pacar, Siswa SMA di Toraja Gantung Diri

Dedy memastikan orang yang menyebarluaskan video asusila mirip Gisella Anastasia yang viral tersebut akan dijerat UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ayat (1) Pasal 27 UU No. 19/2016 tentang ITE berbunyi, "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.”

Sementara itu, Pasal 45 UU ITE menyatakan, "Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)."

"Dengan merujuk pada UU ITE, maka orang yang mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya konten tersebut, dapat turut terjerat. Demikian halnya jika kita merujuk UU Pornografi," kata Dedy.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom