Viaduk Gilingan Solo Diperbaiki, Warga Curhat Pusingnya Cari Jalan

Rencana perbaikan viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Banjarsari, Solo, yang berdampak pada penutupan jalan membuat warga pusing mencari jalan alternatif.

 Kendaraan melintasi Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, Selasa (9/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, Selasa (9/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengerjaan viaduk Gilingan di Jl A Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo, yang segera dimulai membuat warga waswas akan ancaman kemacetan. Akan ada skema buka tutup jalan selama Agustus 2022 hingga Februari 2023.

Setelah itu dilanjutkan penutupan total mulai Februari 2023 hingga April 2023. Bagi warga yang biasa lewat Viaduk Gilingan untuk bekerja atau aktivitas lain, mereka khawatir akan adanya kemacetan di simpang empat Ngemplak.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kawasan itu selama ini cukup padat. Selain itu, adanya pengerjaan di Simpang Joglo makin mempersulit karena otomatis membuat akses menuju bagian timur Kota Solo sangat terbatas.

Rochmat, salah satu warga Nusukan, Banjarsari, Solo, mengaku akan sedikit kesulitan untuk pulang ke rumahnya selepas bekerja karena akses utama yang ia lewati adalah viaduk Gilingan. Meskipun ada akses-akses lain, dari sisi kenyamanan, Jl Ahmad Yani dengan viaduk Gilingan menjadi akses terbaik.

“Makin mumet kalau sampai Viaduk Gilingan ditutup, jalannya sudah sempit nanti ada buka tutup, bayangin macetnya udah males lewatnya. Sebenarnya bisa lewat jalan-jalan lain misal Jl Tentara Pelajar atau Jl Majapahit, cuma sudah nyaman lewat viaduk. Apalagi jalan-jalan tersebut juga padat dilalui warga dan jalannya juga tidak luas,” ungkapnya.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Diperbaiki, Begini Strategi Dishub Solo Atasi Macet

Memutar Lebih Jauh

Pekerja swasta berusia 26 tahun itu mengaku sudah sangat kesulitan dengan adanya pengerjaan Simpang Joglo yang membuatnya harus berputar lebih jauh. Kini dengan rencana pengerjaan perbaikan viaduk Gilingan, ia harus mencari jalan-jalan lain dan membiasakan diri dengan jalan yang lebih jauh.

“Sudah susah pas ada pengerjaan Simpang Joglo, macetnya sudah luar biasa pas itu. Sekarang ada viaduk Gilingan lagi ya mau tidak mau cari jalan lain, sama jalur memutar lebih jauh dan makan waktu,” ungkapnya.

Senada dengan Rochmat, Sunaryo, salah satu pedagang di Pasar Ngemplak juga mengkhawatirkan ancaman kemacetan selama pengerjaan Viaduk Gilingan Solo. Ia memahami viaduk Gilingan memang sudah saatnya diperbaiki.

Baca Juga: Penutupan Simpang Joglo-Viaduk Gilingan Solo, Warga: Terus Lewat Mana?

Viaduk itu sempit dan kerap menjadi masalah bagi kendaraan berdimensi besar dan tinggi. Selain itu, kala hujan viaduk Gilingan kerap dilanda banjir hingga membuat jalan tersebut tak bisa dilewati kendaraan.

“Sebenarnya kalau macet ya pasti macet, apalagi barengan Simpang Joglo. Ya mau tidak mau muternya jauh. Tapi memang sudah waktunya dibenahi viaduk Gilingan, itu kalau hujan deres dikit banjir, belum juga sudah tidak rata dan jalan di bawahnya sempit,” ungkapnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wali Kota Gibran Ikut Membatik di Festival Laweyan

      Kegiatan Festival Laweyan 2022 bertajuk Nyanting Bareng juga diikuti oleh Putra Putri Solo, Camat Laweyan, dan Lurah di Kecamatan Laweyan.

      Bawaslu Sragen Perpanjang Pendaftaran di Empat Panwascam

      Bawaslu Sragen memperpanjang pendaftaran di empat panwascam, yakni Gesi, Masaran, Sambirejo, dan Miri.

      Dilema Pedagang Pasar Bunder Sragen, Harga Kedelai Naik, Harga Tahu Tetap

      Harga tahu di Pasar Bunder Sragen mulai naik semenjak pandemi Covid-19. Kenaikan harga kedelai mulai signifikan sejak dua pekan lalu, yang naik hingga Rp2.000/kg.

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.