SOLOPOS.COM - Sejumlah produk Piaggio dipajang di acara groungbreaking pabrik Piaggio Indonesia di Cikarang. (kemenperin.go.id)

Solopos.com, CIKARANG – PT Piaggio Indonesia membangun pabrik di Cikarang memanfaatkan lahan seluas enam hektare. Motor rakitan pabrik ini disebut bisa diluncurkan akhir tahun depan.

Pembangunan merek ikonik dari Italia itu ditandai dengan groundbreaking pembangunan fasilitas produksi , Selasa (9/11/2021). Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ekspansi tersebut merupakan lompatan Piaggio yang memberi kontribusi positif bagi pengembangan industri otomotif nasional.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Agus menyebut kontribusi positif itu melalui peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja dan pemberdayaan industri komponen lokal. “Perlu diingat, ini merupakan tahap awal, artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktivitas, partisipasi, maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT. Piaggio Indonesia,” kata Menperin melalui siaran pers, Selasa.

Baca Juga: 3,66 Juta Unit Sepeda Motor Laku Terjual di Indonesia

Pabrik yang dibangun itu berkapasitas produksi 10.000 unit per tahun. Produksi pertamanya direncanakan mulai pada kuartal IV tahun depan. “Sepeda motor yang dirakit di pabrik ini dijadwalkan bisa meluncur pada akhir 2022,” ujar Menperin.

Menperin memberi pesan agar PT. Piaggio Indonesia dapat melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil dan menengah untuk menjadi bagian dari rantai pasoknya. “Tidak lupa kami juga mendorong agar PT Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” imbuhnya.

Baca Juga: Resmi! Mitsubishi Luncurkan New Xpander & Xpander Cross ke Indonesia

Memperin juga optimistis perakitan Vespa “Made in Indonesia” nanti bakal menjadi kebanggaan negeri. “Selain itu, dapat meningkatkan customer loyalty serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional,” tambah Menperin.

Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengatakan keberadaan Piaggio di Indonesia diharapkan bisa meneguhkan eksistensi perusahaan dan berdampak positif terhadap perekonomian. “Kami percaya proyek ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di sektor otomotif, serta meningkatkan pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami,” kata Marco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya