SOLOPOS.COM - Vespa LX 125 Get (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA-Piaggio segera memboyong sepeda motor listrik ke Indonesia. Namun hingga saat ini seri kendaraan tersebut masih dirahasiakan.

Pabrikan sepeda motor asal Italia ini segera memiliki jajaran produk ramah lingkungannya di Indonesia. Public Relations (PR) sekaligus Communication Manager Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, menuturkan Vespa bertenaga listrik akan segera meluncur tahun ini.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Sebelumnya, Piaggio Group sudah memiliki dua model sepeda motor listrik. Pertama, Vespa Elettrica yang kali pertama diperkenalkan pada pameran EICMA di Milan, Italia pada 2018. Dari segi spesifikasi, Vespa ini memiliki daya baterai 48V dengan kapasitas 86 Ah dan energi baterai sebesar 4,2 kWh.

Baterai motor listrik ini dapat terisi penuh selama 4 jam sekali pengecasan dan jarak tempuh maksimal 100 km dengan kondisi baterai terisi penuh. Motor ini dijual seharga USD7.499 atau sekitar Rp106 juta.

Selanjutnya, ada Piaggio One memiliki kapasitas baterai 1,4 kWh 48V yang mampu menempuh jarak hingga 55 km dan top speed-nya mencapai 45 km/jam. Dibanderol sekitar 2.300 euro atau setara Rp39 juta, motor ini diperkenalkan di Beijing Motor Show 2021. Namun, yang diboyong ke Indonesia kemungkinan besar adalah Vespa Electrica yang bodinya didesain menyerupai Primavera. “Very soon, tunggu saja ya. Tunggu tanggal mainnya [Vespa listrik meluncur] di tahun ini,” ujar Ayu.

Sementara itu, belakangan ini banyak sepeda motor, khususnya model skuter listrik klasik yang mirip dengan produk Vespa. Menanggapi hal ini, pihak PT Piaggio sebagai produsen Indonesia tidak terlalu ambil pusing.

Ayu mengatakan pihaknya tidak bisa melarang pihak manapun yang ingin membuat model dengan embel-embel Vespa.

“Kami yang pasti tidak bisa membuat orang tidak bisa ini itu, menurut kami kalau ada yang begitu kami menyebutnya inspiring bagi orang lain dan Vespa memang bukan hanya sebuah kendaraan, tapi suatu yang menginspirasi orang, makanya orang menjadi ingin kayak kami,” ujarnya dikutip Minggu (11/6/2023).

Terlebih, kata Ayu, penggemar Vespa di Indonesia dapat merasakan perbedaannya motor listrik yang mirip Vespa dengan originalnya. Mulai dari rasa bangga dan bahkan pengalaman berkendaranya pun jauh berbeda.

“Kurasa orang yang melihat itu dari dekat tahu perbedaannya tanpa aku harus bilang, ini Vespa, ini bukan Vespa. Kedua rasanya pasti beda, pride-nya pasti beda jadi temen-temen yang pakai Vespa tahu lah,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Sepeda Motor Listrik Mirip Vespa Menjamur, Begini Kata Piaggio Indonesia”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya